Strategy SWA Online

Intip Strategi Elnusa Hadapi Tantangan Bisnis Masa Depan

PT elnusa Tbk (ELSA) pada September 2023 ini memasuki usia 54 tahun. Untuk menghadapi tantangan-tantangan bisnis pada masa yang akan datang, ELSA telah menyiapkan sejumlah strategi dan inovasi.

Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora mengaku perusahaan yang dipimpinnya memiliki DNA resilience dan inovasi yang terbukti mampu memperkuat fundamental bisnis, membawa inovasi, dan memiliki visi sebagai perusahaan jasa energi terkemuka yang memberikan solusi total. Perjalanan Elnusa dimulai pada tahun 1969, saat PT Electronika Nusantara berdiri dan memasuki bidang Marine Electronic Services.

John mengungkapkan, menghadapi tantangan yang akan datang, Elnusa akan terus bergerak mengembangkan teknologi tepat guna seperti Hydraulic Workover Unit (HWU) Drilling, High Inhibitive Water Base Mud (HIWBM), dan Cement Slurry Merah Putih. Ia mengklaim, Inovasi-inovasi yang dihasilkan menunjukkan dedikasi Elnusa dalam memberikan solusi terbaik dalam jasa energi.

Elnusa bersama PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) juga berinovasi untuk melakukan penghematan biaya operasional seperti modifikasi HWU agar bisa digunakan untuk drilling di lima sumur lapangan Tunu, penggunaan wireline combo yang bisa memangkas biaya mobilisasi, penggunaan cement slurry merah putih yang menghasilkan bonding cement yang bagus dan penggunaan sand consolidation product dalam negeri.

“Elnusa juga telah mengembangkan kompetensi dalam geoscience services, dari seismic darat hingga teknologi OBN Nodal pada seismic laut. Fasilitas liquid mud plant untuk pengeboran sumur migas non konvensional pertama di Indonesia juga menjadi pencapaian yang membanggakan,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Senin (25/9/2023).

Melalui layanan solusi total jasa, tambah John, Elnusa meningkatkan produksi migas seperti penerapan jasa Seismic Vibroseis di berbagai wilayah, termasuk menggunakan Vibroseis untuk Enhance Oil Recovery (EOR) di Wilayah Kerja Rokan bekerja sama dengan Research & Technology Innovation PT Pertamina (Persero) dan saat ini masih dalam uji coba penerapan teknologi. Pada lini bisnis Engineering, Procurement, Construction & Operation Maintenance (EPC-OM), Elnusa mendukung pekerjaan mulai dari front end engineering, engineering desain, pengadaan barang, konstruksi hingga project management, yang pada akhirnya berjalan sesuai target.

“Tidak hanya itu, dari sisi hilir pada jasa distribusi & logistik, Elnusa berkomitmen untuk memastikan distribusi energi yang efisien dan handal di seluruh Indonesia mulai dari manajemen integrated TBBM, manajemen transportasi BBM, manajemen DEPO serta bisnis chemical. Atas pencapaian tersebut membawa Elnusa ke masa depan yang lebih unggul, dengan prestasi gemilang dan membuktikan dirinya sebagai kekuatan yang tak bisa diabaikan di sektor migas,” ujarnya.

Untuk mendukung capaian tersebut, Elnusa terus melakukan investasi belanja modal dengan menambah armada mobil tangki yang merupakan salah satu core bisnis pada jasa distribusi & logistik energi. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas bisnis hulu, Elnusa melakukan investasi dengan menambah Aset Accomodation Work Barge Offshore. Investasi tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam menetapkan sasaran mempercepat realisasi target 1 juta barel minyak dan 12 BSCFD gas demi ketahanan energi nasional masa depan.

John menambahkan, Elnusa akan ekspansi ke sektor non-migas services, energi baru terbarukan, dan turut serta dalam pengembangan ekosistem electric vehicle. Elnusa siap merespons masa depan yang berkelanjutan dengan menciptakan peluang-peluang baru tersebut.

“Di ulang tahun yang ke-54 ini, Elnusa merayakan perjalanan menuju keunggulan. Dari langkah awal hingga pencapaian terkini, Elnusa terus mendukung ketahanan energi nasional. Bersama-sama, kita optimis dalam menghadapi masa depan yang penuh potensi,” ucap John.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved