Technology Trends

Pemprov Jambi Dorong Realisasi Pengadaan Digital Lewat Toko Daring

Sebagai upaya meningkatkan realisasi belanja pengadaan digital barang dan jasa, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Jambi menyelenggarakan acara dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Jambi, beberapa waktu lalu.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Sudirman, S.H., M.H. menekankan mengenai dasar Peraturan Presiden No 12 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Peraturan LKPP Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Toko Daring dan Katalog Elektronik dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah serta aturan-aturan lainnya yang berlaku terkait penggunaan Toko Daring.

Terkait hal tersebut diperlukan koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan pengadaan yang efisien, efektif, transparan, terbuka, serta akuntabel. Tentunya, koordinasi ini perlu dilakukan untuk memastikan peningkatan realisasi pengadaan digital di lingkup pemprov itu.

Pengadaan barang/jasa melalui Toko Daring dapat mengakomodir transaksi jual-beli dengan mengutamakan produk-produk lokal yang diproduksi, terutama oleh Usaha Mikro Kecil (UMK). “Melalui Toko Daring, kita harus mendorong para pelaku UMK untuk bergabung ke platform digital, sehingga ikut berperan aktif dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pengadaan barang/jasa kebutuhan pemerintah,” ujarnya dalam siaran pers (22/09/2023).

Saat ini, banyak produk tayang dengan berbagai jenis pilihan yang tersedia di platform Mbizmarket, sehingga hal tersebut mempermudah pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah, mempercepat realisasi belanja dan sekaligus dapat mencegah korupsi di sektor pengadaan barang/jasa” ungkap Sudirman.

Dalam kesempatan itu, Sekda Jambi juga memberikan penghargaan kepada beberapa OPD berprestasi. Ada kategori Dinas dengan Kinerja Pengadaan Barang/Jasa Terbaik Tahun 2023: Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi , Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi. Lalu, kategori Biro dengan Kinerja Pengadaan Barang/jasa Terbaik Tahun 2023: Biro Umum Setda Provinsi Jambi, Biro Organisasi Setda Provinsi Jambi, dan Biro Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Jambi

“Alhamdulillah saat ini Jambi berada di peringkat ke-6 di Toko Daring LKPP. Hal ini di luar target kami sebelumnya. Ke depannya kami akan terus mendorong para OPD untuk bertransaksi pengadaan barang/ jasa Pemerintah melalui Toko Daring, yaitu di marketplace Mbizmarket yang aktif saat ini di Provinsi Jambi, dan untuk merealisasikan peningkatan pengadaan digital pemerintah” tutur Sandhi Ardiansyah, Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Pemprov Jambi menambahkan.

Mbizmarket telah hadir sebagai marketplace mitra Toko Daring LKPP yang dimanfaatkan oleh Pemprov Jambi sejak awal tahun 2022. Mbizmarket berkomitmen mendukung dalam mewujudkan tata Kelola pengadaan barang/jasa yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Sebagai Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) mitra Toko Daring LKPP, Mbizmarket menghadirkan fitur layanan terbaru. Salah satunya adalah mengedepankan Produk Dalam Negeri (PDN) dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai salah satu upaya mensukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Selain itu, kini pejabat bendahara di lingkungan Pemprov Jambi juga tidak lagi perlu repot-lapor-setor pajak, dengan diimplementasikannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 58 (PMK 58) di mana Mbizmarket berperan sebagai wajib pungut pajak (Wapu). “Kami berkomitmen terus berinovasi, terutama dalam memberikan kemudahan dalam mendukung pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah Provinsi Jambi” tegas Ryn Mulyanto Riyadi Hermawan, CEO dan Co-founder Mbizmarket.

Kegiatan silaturahmi antar OPD dengan Sekertaris Daerah Provinsi Jambi tersebut menghasilkan komitmen untuk mendorong OPD Pemprov Jambi dan kabupaten/ kota se-Provinsi Jambi melakukan transaksi pengadaan barang/jasa melalui mitra resmi Toko Daring LKPP.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved