Marketing Trends

Jaga Kepuasan Pelanggan, McDonald’s Tingkatkan Standar Kualitas Produk

Standar kualitas produk dengan inisiatif global segera meluncur (Vina/SWA)

McDonald’s Indonesia menjaga kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama. Terbaru, merek di bawah naungan PT Rekso Nasional Food ini menghadirkan Best Burger sebagai bentuk komitmennya dalam meningkatkan standar kualitas produk dan kepuasan pelanggan.

Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia mengatakan, Best Burger merupakan inisiatif McDonald’s global dalam mentransformasi proses memasak, penyajian, serta bahan-bahan yang digunakan untuk menghadirkan burger terbaik dengan cita rasa yang hotter, juicier, dan tastier.

“Kami mengutamakan kepuasan pelanggan. Karenanya dengan inisiatif ini, kami ingin memastikan bahwa kami bisa menyajikan burger yang disukai dan sesuai dengan ekspektasi pelanggan,” ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (26/09/2023).

Menu-menu burger, seperti Big Mac dan Cheeseburger disebut menjadi andalan dan pilihan favorit bagi banyak pelanggan di seluruh dunia, termasuk di McDonald’s Indonesia yang telah hadir lebih dari 30 tahun yang lalu. Untuk itu, pihaknya senantiasa mengkaji dan melakukan berbagai inovasi untuk memberikan kualitas makanan yang terbaik.

“Saat pertama kali hadir di Indonesia, menu-menu yang kami hadirkan adalah burger. Jadi pertama tahu McDonald’s pasti burger-nya, dan banyak konsumen yang datang ke kami karena mereka suka dengan burgernya. Baru setelahnya ada menu ayam dan lainnya,” kata Caroline.

Hasil riset McDonald’s global menemukan bahwa dengan mengubah beberapa hal dalam proses dan cara memanggang, McDonald’s dapat menghasilkan burger yang hotter, juicier, dan tastier. Ada tiga perubahan utama yang dapat dirasakan saat menikmati Best Burger, yaitu pada roti (burger bun), daging (beef patty), dan bahan-bahan pelengkapnya.

Untuk roti, McDonald’s Indonesia kini menggunakan formulasi yang berbeda di setiap menu burgernya. Roti dari menu favorit Big Mac kini memiliki bahan tambahan potato starch (tepung pati kentang) dan butter & brioche flavor yang diklaim membuat tekstur roti lebih empuk sekaligus menjadi penyeimbang rasa daging yang gurih dan saus yang berlimpah.

Sementara itu, roti Cheeseburger, Double Cheeseburger, dan Triple Cheeseburger kini ditambahkan bahan khusus untuk meningkatkan tekstur kelembutan rotinya. Dari sisi daging, McDonald’s masih menggunakan 100% daging sapi halal yang diolah tanpa tambahan tepung, pengawet, pewarna, serta dipanggang tanpa minyak dan hanya dibumbui garam dan merica untuk menjaga cita rasa daging sapi.

Selain menggunakan bahan-bahan berkualitas, proses pemanggangan dimodifikasi untuk mendapatkan tekstur daging yang lebih lembut serta juicy dengan mempertimbangkan faktor food safety sebagai prioritas. Perubahan lainnya terdapat pada cacahan bawang bombay yang langsung ditaburkan saat memanggang daging, sehingga menghasilkan efek karamelisasi yang lebih menggugah selera.

Durasi holding time daging yang sudah dimasak pun berubah dari 15 menit ke 10 menit untuk memastikanproduk disajikan dalam keadaan juicy dan hangat. Pelanggan juga dapat menikmati keju yang lebih meleleh sempurna dilengkapi dengan sayuran segar.

Setyo Agus Widodo, Assistant Manager of Quality Assurance McDonald’s Indonesia mengungkapkan, pihaknya telah melakukan persiapan sejak tahun 2020 demi menghadirkan Best Burger dengan kualitas terbaik di lebih dari 290 restoran McDonald’s yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

“Ini perjalanan panjang. Mulai dari standar yang diberikan kepada kami, mengeluarkan target sampel ke supplier yang telah ditunjuk prinsipal kami dari global, mengundang mitra supplier lokal untuk mencoba produk tersebut hingga mereka melakukan development dan trial di masing-masing facility untuk mendapatkan target produk yang sudah disampaikan prinsipal kami di global,” jelas Setyo.

Lebih lanjut, salah satu faktor kunci dari kelezatan Best Burger adalah Burger Master yang bertanggung jawab penuh untuk memastikan burger yang disajikan sudah sesuai dengan standar baru McDonald’s.

McDonald’s secara khusus melatih lebih dari 1.500 kru terpilih untuk menjadi Burger Master. Mereka dilatih untuk menguasai teknik persiapan, pemanggangan daging untuk mencapai tingkat kematangan yang sempurna, dan proses penyajian guna menghasilkan burger yang hotter, juicier, dan tastier.

“Untuk menjadi Burger Master ini, mereka harus disertifikasi di tiga area tersebut. Jadi mereka bukan kru baru, tetapi kru existing yang sudah berpengalaman. Kami sudah melatih mereka dari bulan April agar setiap outlet memiliki standra yang sama,” jelas Olia M Sidik, Associate Director of Training McDonald’s Indonesia.

Caroline pun memastikan bahwa semua perubahan yang dilakukan oleh McDonald’s tersebut tidak mengubah harga jual produk. Kini fans McDonald’s sudah bisa menikmati sajian menu-menu burger favorit dengan standar Best Burger di seluruh restoran McDonald’s Indonesia dengan harga yang sama seperti sebelumnya.

“Untuk menerapkan Best Burger ini banyak sekali perubahan yang dilakukan. Improvement ini tentunya akan berpengaruh pada cost. Namun karena kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, pada saat launching di 1 Oktober nanti tidak ada perubahan harga,” tutur Caroline.

Ia optimistis hadirnya Best Burger ini akan mendapat respons yang positif di kalangan masyarakat, serta mengukuhkan McDonald’s Indonesia sebagai restoran cepat saji favorit dengan menu andalan burger terbaik yang tidak hanya lezat, tetapi juga berkualitas.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved