SWA Online Business Tips

Lima Tips Jualan Online agar Meroket

Pada tahun 2023 ini, sudah lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia. Angka ini meningkat sekitar 2 kali lipat dibandingkan tahun 2019 atau sebelum pandemi, yaitu 7 juta penjual. Hampir 100% dari belasan juta penjual itu merupakan pelaku UMKM. Melalui Tokopedia, mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia Antonia Adega mengaku pelaku usaha di Indonesia, khususnya penjual di Tokopedia adalah mitra strategis Tokopedia. Untuk membantu penjual mengembangkan usaha di tengah kondisi pasar yang terus berubah, pihaknya melakukan berbagai upaya misalnya dengan membuat inovasi digital atau melakukan edukasi kepada penjual untuk meningkatkan penjualan.

“Tokopedia memanfaatkan artificial intelligence (AI) termasuk machine learning untuk menyediakan self-service experience bagi penjual agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam memajukan usaha. Penjual bisa mendapatkan self-service experience ini melalui seller dashboard Tokopedia,” kata Antonia.

Selanjutnya Antonia memberikan lima tips berjualan online untuk UMKM agar bisa meningkatkan bisnis dan meraih banyak pendapatan dan keuntungan.

Pertam, lakukan evaluasi apakah produk yang dijual masih sesuai kebutuhan. Untuk menjaga keberlangsungan bisnis bahkan meningkatkan penjualan, pelaku usaha perlu melakukan evaluasi berkala terhadap berbagai hal. Misalnya, produk yang dijual (apakah masih sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini), harga produk (apakah masih sesuai dengan pasaran), dan penamaan produk (apakah sudah sesuai dengan keyword yang sedang populer).

“Dengan melakukan evaluasi, penjual nantinya mengetahui produk apa yang memiliki banyak pembeli dan tidak, atau juga bisa melakukan inovasi produk agar lebih relevan dengan kebutuhan pasar dalam suatu periode tertentu,” kata Antonia dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (26/09/2023).

Kedua manfaatkan fitur penamaan produk dan kategori agar produk lebih mudah dicari. Didukung machine learning, fitur penamaan produk dan kategori dari e-commerce dapat memberikan smart recommendation bagi penjual dalam hal penamaan dan kategorisasi produk yang paling relevan. Penamaan dan kategorisasi produk yang tepat bisa membuat produk lebih gampang ditemukan pembeli.

“Misalnya, saat penjual produk fashion muslim ingin menambahkan produk hijab instan, fitur penamaan produk dan kategori dari Tokopedia akan memberikan rekomendasi nama produk yang paling sering dicari pembeli, seperti hijab instan murah atau hijab instan jersey, dan merekomendasikan kategorisasi yang sesuai dengan produk hijab instan tersebut,” ucap Antonia.

Ketiga manfaatkan momentum supaya makin untung, seperti Harbolnas, tanggal kembar, atau saat momentum gajian. Antonia mengungkapkan bahwa layanan Tokopedia saat ini sudah bisa menjangkau masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. “Ini merupakan potensi yang sangat besar untuk para pelaku usaha di Indonesia. Strategi promosi dan penjualan yang tepat, diiringi dengan momentum yang pas, dapat membantu penjual untuk meningkatkan penjualan dan posisi di pasar,” tutur Antonia.

Keempat, gunakan fitur bundling agar semakin laris manis. Penjual dapat melakukan bundling dengan mengelompokkan produk utama atau yang paling laris dengan produk pelengkap menjadi satu, dan menetapkan harga yang lebih kompetitif. “Dengan menggunakan fitur bundling, penjual dapat mempercepat arus stok produk karena produk bisa terjual lebih cepat,” ucap Antonia.

Kelima, gunakan strategi affiliate marketing. Penjual bisa bekerja sama dengan affiliate karena Affiliate bisa mempromosikan produk atau toko penjual secara lebih kreatif, melalui tutorial atau ulasan berbentuk foto atau video, kepada kerabat, rekan atau kreator konten lainnya. Strategi ini bisa membantu penjual memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan..

“Agar affiliate tertarik untuk mempromosikan, penjual perlu membuat produknya menonjol. Caranya, pastikan judul dan foto produk menarik serta sesuai. Penjual juga sebaiknya menulis deskripsi produk secara lengkap, mulai dari cara pemakaian hingga komposisi. Sertakan juga promo yang menarik, seperti diskon atau cashback,” kata Antonia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved