Trends

Pertamina Shipping Berekspansi di Timur Tengah dan Cetak Laba

Direktur Utama Pertamina Shipping, Yoki Firnandi. (Foto : Dok).

PT Pertamina International Shipping (PIS) atau Pertamina Shipping memacu inovasi bisnis seiring pembukaan kantor cabang PIS di Dubai, Uni Emirat Arab. Manajemen PIS membuka kantor cabang di Dubai untuk menggarap wilayah operasional di kawasan Timur Tengah. Dampaknya, kantor cabang PIS di Dubai itu menjaring konsumen global dan mencatatkan laba senilai US$ 1,5 juta atau setara Rp 23,32 miliar (kurs Rp 15.543/dollar AS) pasca beroperasi selama setengah tahun.

Lewat kerja sama tersebut, PIS juga sekaligus memperluas coverage rute yang digarap di perairan internasional, seperti Chile (Amerika Selatan), Puerto Rico (amerika Serikat), Republik Dominika (Karibia), Tanzania, Polandia dan Portugal.

Direktur Utama PIS, Yoki Firnandi, mengatakan agresivitas untuk berekspansi tersebut tidak membuat Pertamina Shipping melupakan pasar Asia Tenggara yang berkembang pesat dan semakin prospektif.

Yoki menyebutkan pasca Covid-19, permintaan konsumen di Asia Tenggara terhadap layanan PIS menunjukkan tren yang menggembirakan, terutama untuk komoditas minyak. “Kami terus berinvestasi lebih banyak dan memperluas bisnis kami di Asia, karena kami tahu masa depan dunia ada di Asia, dengan pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang pesat,” ujar Yoki di Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Pencapaian PIS itu diapresiasi berbagai pihak, semisal dua penghargaan bergengsi yang diperoleh PIS pada ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2023.

Yoki, dalam keterangan tertulisnya ini, mengapresiasi penghargaan ini sehingga memompa motivasi perusahaan dan para insan PIS untuk memberikan layanan optimal kepada konsumen dan berkontribusi dalam memajukan perekonomian nasional.

PIS diapresiasi pada ajang ICAII itu lantaran program inovasi bisnisnya dinilai apik oleh kalangan industri pasar modal nasional . PIS didapuk sebagai pemenang atas Penghargaan Utama untuk Kategori Eksternal lewat pembukaan Kantor Cabang PIS Middle East (PIS ME). Tak hanya itu, penghargaan individual diperoleh Yoki yang didapuk pengharagaan kategori Outstanding Innovative Corporate Leader ICAII 2023.

Adapun, PIS merupakan entitas bisnis di bawah naungan PT Pertamina (Persero). PIS sejak 2021 mengemban tugas sebagai induk subholding bidang logistik dan perkapalan di Grup Pertamina. Yoki menyebutkan PIS berikhtiar untuk menjadi perusahaan shipping integrated marine logistics terbesar di Asia. ”Dan nantikan PIS untuk menjadi perusahaan yang bisa dimiliki oleh publik,” tutur Yoki.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved