Trends Economic Issues

Hadapi El Nino, Bulog Siap Impor 1 Juta Ton Beras

Beras di gudang Bulog. (dok Bulog)

Perum Bulog memastikan bahwa Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikuasai Bulog aman sampai panen raya tahun 2024. Untuk memperkuat CBP hingga panen raya tahun depan, Bulog siap impor 1 juta ton beras.

Direktur Supply Chain Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto menjelaskan jumlah stok beras yang dikuasai Bulog saat ini sebanyak 1,7 juta ton. Di samping itu juga Bulog siap menerima tambahan penugasan impor dari pemerintah untuk memperkuat Cadangan Beras Pemerintah (CBP) ini sampai dengan panen raya tahun 2024.

“Dalam menyiapkan kecukupan stok menghadapi El Nino dan situasi di Tanah Air sampai dengan panen raya tahun depan, kami siap memperkuat stok CBP ini dengan memaksimalkan penyerapan dari dalam negeri. Kami juga siap menerima rencana tambahan penugasan impor sebanyak 1 juta ton dari Pemerintah. Ini akan membuat cadangan kita akan semakin kuat,” kata Suyamto, dikutip Jumat (29/09/2023).

Suyamto mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir. Ia meyakinkan, pemerintah menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga. “Kami melakukan pemantauan secara terus menerus di tengah situasi saat ini agar tetap terkendali,” kata Suyamto.

Suyamto mengemukakan pihaknya juga melakukan pemantauan intensif terkait harga beras saat ini. Terjadinya kenaikan harga beras dikarenakan beberapa faktor baik eksternal maupun internal dalam negeri, seperti bencana El Nino dan juga situasi dalam negeri yang memasuki musim tanam.

“Sampai dengan pagi ini kami sudah menggelontorkan beras operasi pasar di seluruh Indonesia dengan jumlah total sebanyak 800 ribu ton, dan setiap hari kami akan gelontorkan terus sampai harga stabil. Sekarang sedang disalurkan Beras Bantuan Pangan untuk bulan September, Oktober dan November dengan jumlah total sebanyak 641 ribu ton kepada masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia,” ujar Suyamto.

Suyamto mengungkapkan fokus Bulog saat ini adalah mempertahankan stabilitas harga beras di masyarakat. Bulog berusaha melakukan hal tersebut secara maksimal demi kepentingan rakyat banyak, terlebih ditengah situasi seperti sekarang.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved