Entrepreneur Trends

Kompetisi Wirausaha KIWI Challenge Siap Digelar yang Ke-4 Kalinya

KIWI (Kompetisi Ide Wirausaha Indonesia) Challenge yang ditujukan untuk siswa SMA, kembali digelar untuk ke-4 kalinya. Kompetisi ini dirancang untuk menginspirasi anak muda di seluruh Indonesia agar terlibat dalam aktivitas kewirausahaan yang menanggapi isu-isu sosial.

Education New Zealand Manapou ki te Ao (ENZ) mengadakan KIWI Challenge berkolaborasi dengan universitas di New Zealand dan Kopi Tuli, sebuah komunitas Tuli di Jakarta. Tahun ini, ENZ bermitra dengan Auckland University of Technology (AUT) sebagai tuan rumah kompetisi.

“KIWI Challenge telah tumbuh menjadi sebuah platform unik untuk New Zealand dan para akademisi terkemuka kami untuk tetap terhubung dengan para pelajar Indonesia melalui cara yang dekat dengan hal-hal yang penting bagi mereka,” ujar Regional Director Asia di ENZ Ben Burrowes dalam keterangannya (30/09/2023).

Dia menambahkan pihaknya akan terus bekerja sama dengan para mitra di Indonesia untuk mengidentifikasi tema-tema yang dekat dengan para pelajar.

Kelompok-kelompok perwakilan sekolah akan mengumpulkan entri video untuk panel juri yang berisi akademisi AUT dan perwakilan ENZ. Setelah itu, para peserta akan dinilai oleh panel juri untuk memilih sejumlah finalis. Para finalis kemudian akan melalui sejumlah lokakarya dan mentoring oleh para akademisi AUT.

“Pembangunan kota-kota cerdas adalah tentang meningkatkan keberlanjutan, menciptakan kesempatan untuk pembangunan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Saya tak sabar melihat ide- ide apa yang akan dihadirkan oleh para d’idea,” kata Dosen Senior Bisnis Internasional, Strategi, dan Kewirausahaan (Senior Lecturer International Business, Strategy & Entrepreneurship) Taghreed Hikmet.

Hingga saat ini, KIWI Challenge telah diikuti oleh lebih dari 1.000 pelajar Indonesia, dan setiap tahunnya telah menghadirkan satu universitas dari New Zealand dan tema tertentu. Para mitra universitas di tahun-tahun sebelumnya adalah Massey University (tema Pariwisata), Lincoln University (Agribisnis), dan University of Canterbury (Teknologi Pendidikan).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved