Corporate Action Capital Market & Investment Trends

WIKA Teken Kontrak Baru Rp19,98 Triliun, Apa Saja?

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) mengantongi kontrak baru sebesar Rp19,98 triliun per Agustus 2023. Angka ini tumbuh 10,7% (YoY) dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp18,04 triliun.

Kontribusi terbesar pada perolehan kontrak baru tersebut berasal dari segmen infrastruktur dan bangunan gedung sebesar 47,3%, disusul dari segmen industri, EPCC, properti dan investasi. Dari sisi pemberi kerja, sebagian besar proyek yang diraih oleh WIKA berasal dari BUMN, pemerintah, dengan skema pembayaran monthly progres.

Corporate Secretary WIKA Mahendra Vijaya mengungkapkan bahwa peningkatan kontrak baru ini menandakan bahwa langkah-langkah transformasi Perseroan mulai membawa hasil dan meningkatkan kepercayaan pemberi kerja dengan kinerja yang semakin excellence.

Salah satu projek terbaru yang didapatkan perseroan pada Agustus 2023 adalah Bendungan Cijurey Paket 3, Bogor, Jawa Barat yang dipercayakan oleh Kementerian PUPR kepada WIKA – Jaya Konstruksi KSO.

Dengan porsi 70% pada KSO dengan nilai kontrak WIKA sebesar Rp724,75 miliar, WIKA dipercaya untuk mengerjakan lingkup jalan akses, pembangunan bangunan pelimpah dan pengambilan, hidro mekanikal dan elektrikal, serta pengerjaan area genangan dengan target rampung pada 2028 mendatang.Proyek bendungan tersebut dibangun untuk menjawab kebutuhan warga kepada pemerintah Kabupaten Bogor terhadap irigasi, dengan membantu perairan lahan persawahan yang kering selama kemarau di Bogor Timur.

Mahendra menyampaikan bahwa raihan projek bendungan Cijurey menjadi cerminan kepercayaan dari pemerintah lewat Kementerian PUPR terhadap WIKA setelah berhasil menyelesaikan Projek Strategis Nasional (PSN) pada sektor sumber daya air, termasuk bendungan.

“Keterlibatan WIKA dalam pembangunan bendungan tersebut menunjukan komitmen WIKA untuk hadir dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur yang memprioritaskan kemanfaatan sebesar-besarnya kepada masyarakat. Amanah ini akan kami jawab dengan pelaksanaan projek yang baik sesuai target kualitas dan waktu yang ditetapkan oleh pemilik projek,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (02/10/2023).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved