Capital Market & Investment

Produk Investasi Syariah Strategi Bidik Investor yang Berburu Cuan Global

Peluncuran Reksa Dana Allianz. (foto: Audrey/SWA)

PT Allianz Global Investors Asset Management Indonesia (AllianzGI Indonesia) memperkenalkan Strategi High Dividend Global Sharia Equity (Strategi) dengan mengeluarkan produk Reksa Dana Syariah Allianz High Dividend Global Sharia Equity Dollar di pasar Indonesia.

Produk Strategi bertujuan untuk membagikan dividen setiap triwulan dan difokuskan pada perusahaan-perusahaan global dengan dividen tinggi, yang menjamin pertumbuhan dividen yang stabil.

Produk ini menawarkan portofolio investasi yang baru dan aktif khususnya bagi para investor yang mengincar pendapatan serta mencari solusi investasi global. Produk dirancang untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat terhadap pilihan investasi berbasis syariah yang tidak hanya selaras dengan nilai-nilai etika, namun juga menawarkan potensi imbal hasil yang menarik. AllianzGI Indonesia berkomitmen untuk memberikan layanan yang sesuai dengan beragam kebutuhan nasabahnya di Indonesia dan berkontribusi dalam pertumbuhan pesat ekonomi syariah di Tanah Air.

“Dengan memperkenalkan Strategi High Dividend Global Sharia Equity kepada klien di Indonesia, kami memperkuat AllianzGI di pasar Indonesia sebagai manajer aset aktif global. Kami berkomitmen untuk membawa keahlian global AllianzGI ke Indonesia, dengan harapan untuk menyediakan solusi investasi yang terintegrasi dan kuat bagi para klien,” jelas Rima Suhaimi, ujar Presiden Direktur dan Head of Indonesia AllianzGI dalam konfrensi pers di Jakarta, Selasa, (03/10/2023).

Portofolio produk ini akan diinvestasikan minimal 80% dari nilai aset bersih (net asset value/NAV) dalam ekuitas yang sesuai dengan prinsip syariah. Manajer investasi menekankan pendekatan investasi yang disiplin dan sistematis, dengan tujuan memanfaatkan premi risiko yang terkait dengan gaya investasi jangka panjang seperti nilai atau kualitas. Adanya langkah seperti ini memberikan fokus yang signifikan pada eksposur dividen dalam upaya mencari eksposur yang seimbang antara dividen hasil, pertumbuhan dividen, dan stabilitas dividen untuk mencapai kinerja luar biasa yang stabil.

Skema tersebut ditujukan bagi masyarakat Indonesia dan investor yang mencari arus kas dan pendapatan yang stabil serta pertumbuhan modal. Serta, menyelaraskan diri dengan prinsip-prinsip syariah dan menargetkan untuk menyesuaikan dengan prinsip syariah dengan memanfaatkan Dow Jones Islamic World Index.

Desmond Ng, Head of Asia Pacific at Allianz Global Investors, menambahkan “Asia Tenggara menjadi salah satu fokus utama dalam rencana ekspansi Global Allianz Investors, sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan pesat, Indonesia tetap berada dalam pusat perhatian bisnis kami.”

Peluncuran produk Strategi ini di Indonesia merupakan momen yang sangat berarti bagi AllianzGI di pasar lokal yang memperlihatkan keahlian global perusahaan, yang digabungkan dengan pengetahuan yang mendalam tentang kondisi di lapangan, menciptakan nilai tambah yang berharga bagi klien perusahaan di Indonesia.

Strategi Allianz High Dividend Global Sharia merupakan strategi pertama yang diluncurkan sejak akuisisi AllianzGI Indonesia sejak tahun 2022. Strategi ini akan memenuhi kebutuhan investor lokal yang fokus pada pendapatan konsisten dan akses terhadap pasar internasional sehingga memperoleh diversifikasi portofolio. Langkah ini menjadi penting bagi kehadiran AllianzGI di Asia dalam rangka memperkuat komitmennya terhadap Asia Tenggara dan pasar keuangan Indonesia yang berkembang pesat.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved