CSR Corner

Dukungan Festival Nadran Laut di Sungaibuntu

Pacific Paint memberikan dukungan kepada ratusan perahu nelayan di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes dalam acada Festival Nadran Laut.

Festival ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang ditujukan agar nelayan bisa menghasilkan tangkap ikan melimpah dan penuh berkah. Adapun rangkaian yang dilakukan meliputi ruwatan yang dilanjutkan karnaval, pengajian syukuran, penyembelihan kerbau, pementasan wayang kulit hingga ritual pelepasan kepala kerbau ke laut.

“Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman tradisi dan budaya. Maka, sebagai masyarakat perlu adanya upaya merawat serta melestarikan tradisi serta budaya melalui salah satunya adalah Festival Nadran Laut,” kata Irma Triana Adi S, Direktur Pacific Paint dalam siaran pers.

Bantuan lain yang diberikan Pacific Paint untuk warga Desa Sungaibuntu adalah pengecatan rumah warga dan keindahan mural bertema satwa laut, kapal nelayan hingga gedung pengelolaan ikan. Selain itu, Pacific Paint juga berkolaborasi dengan Universitas Pancasila dan Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk memberdayakan UMKM Desa Sungaibuntu.

“Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan pengolahan abon ikan dan otak-otak ikan, pelatihan sanitasi dan higienis, pelatihan pembuatan kemasan produk dan pelatihan pemasaran digital,” kata dia. Menurutnya, tujuan kolaborasi ini adalah membantu masyarakat meningkatkan kapasitas UMKM sehingga masyarakat terkait dapat lebih mandiri secara ekonomi dan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Melalui beragam bentuk dukungan dari kami dan juga pihak industri lainnya yang menjalin kolaborasi, mengharapkan agar masyarakat di Desa Sungaibuntu bisa menciptakan inovasi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan lebih baik,” kata Irma.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved