Trends

Praktik Bisnis Berkelanjutan Ala Mind ID

Praktik bisnis berkelanjutan Mind ID mendapat penghargaan Green Initiative Award. (dok Mind ID)

BUMN Holding Industri Pertambangan Mind ID atau Mining Industry Indonesia memiliki visi untuk menjadi perusahaan sumber daya alam dengan komitmen terhadap masyarakat dan lingkungan. Pendekatan keberlanjutan menjadi landasan perusahaan untuk berkontribusi pada SDGs sebagai bagian dari perwujudan Noble Purpose Mind ID.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIind ID, Heri Yusuf mengatakan The Sustainability Pathway merupakan alat untuk mewujudkan kinerja ESG Mind ID yang terdiri dari lingkungan, sosial dan tata kelola. Upaya pelestarian lingkungan berhasil dilakukan oleh MIND ID bersama dengan grup perusahaannya.

Berbagai kegiatan anggota Grup MIind D dalam upaya pelestarian lingkungan terus dilakukan. Di antaranya, melalui PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang konsisten melakukan upaya konservasi terumbu karang di Pulau Pahawang, Lampung. Selain itu, urusan reklamasi lahan bekas pertambangan yang sudah dilakukan PTBA sudah dilakukan seluas 2.146,83 hektare sepanjang 2022.

“Ada pula upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh anggota Grup MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). ANTAM memiliki program penanaman 4,99 juta pohon di atas lahan seluas 4.541 hektare di kawasan bekas tambang, daerah aliran sungai (DAS) dan area pesisir,” katanya, Rabu (04/10/2023).

Pelestarian lingkungan hidup pun dilakukan PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sukses menanam pohon sebanyak 2,6 juta mangrove di area lahan seluas 450 hektar. PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) juga melakukan penanaman 616 ribu bibit pohon selama 2022.

Selain itu, PT Timah Tbk (TINS) melakukan penanaman 18.100 bibit pohon mangrove di beberapa wilayah operasional yang tersebar di Bangka-Belitung. PT Timah pun berhasil mengembangkan Kampoeng Reklamasi Air Jangkang menjadi wilayah destinasi wisata di Pulau Bangka.

Atas berbagai inisiatif tersebut, Mind ID mendapatkan penghargaan Katadata Green Initiative Award yang merupakan bagian dari pelaksanaan Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023. Mind ID meraih penghargaan untuk kategori Energy atau Mining.

Penghargaan ini bertujuan untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan dengan disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih berkelanjutan. “Penghargaan ini menjadi semacam penyemangat kami untuk terus berkontribusi dalam menjalankan praktik bisnis berkelanjutan,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved