Companies

Biznet, Perluas Jaringan Internet untuk Kurangi Kesenjangan Digital

Adi Kusma, Presiden Direktur Biznet.
Adi Kusma, Presiden Direktur Biznet.

Selama 23 tahun Biznet (PT Supra Primatama Nusantara) membangun infrastruktur internet di Indonesia. Beragam layanan disediakannya untuk mendukung aktivitas digital masyarakat Indonesia.

Selama perjalanan ini, Biznet terus memperluas jaringan serat optik ke banyak kota di Indonesia, termasuk ke kota-kota tier 2 dan 3. Saat ini Biznet telah menjangkau lebih dari 200 kota di 23 provinsi di Indonesia, dengan membentangkan lebih dari 90 ribu km serat optik dan mencapai 2,3 juta homepass.

Selama masa pandemi, Biznet juga mencatat adanya penambahan pelanggan untuk segmen perumahan dan apartemen sebesar 70% dan segmen bisnis sebesar 30%.

Biznet terus membangun ekspansi jaringan bukan hanya di kota besar, tapi juga ke kota-kota kecil sehingga jaringannya bisa tersedia. “Proses perluasan jaringan Biznet ini juga bertujuan mengurangi kesenjangan digital sehingga terjadi pemerataan akses internet di Indonesia,” kata Adi Kusma, Presiden Direktur Biznet.

Selain perluasan jaringan, Biznet juga menghadirkan inovasi dengan menawarkan kapasitas bandwidth yang besar untuk layanan Biznet Home hingga 250 Mbps. Dengan adanya kapasitas bandwidth yang besar, diharapkan dapat memudahkan dan membantu seluruh pelanggan untuk tetap melakukan berbagai aktivitas di rumah.

“Kami berusaha membangun reputasi perusahaan dengan men-deliver apa yang kami janjikan kepada pelanggan.”

Adi Kusma, Presdir Biznet

“Kami berusaha membangun reputasi perusahaan dengan men-deliver apa yang kami janjikan kepada pelanggan,” Adi menandaskan.

Sebagai perusahaan infrastruktur digital, menurutnya, corporate reputation dapat terbangun jika pelanggan mendapatkan standar kualitas layanan yang sama di berbagai wilayah. Sama halnya dengan ekspektasi pelanggan ketika mengonsumsi fast food atau pengalaman menginap di chain hotel. “Mereka sudah mengetahui kualitas layanan yang akan didapat. Itulah yang disebut brand promise,” katanya.

Di tahun 2023 ini Biznet juga melakukan proses pembangunan infrastruktur jaringan kabel serat optik bawah laut, yang akan menghubungkan Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan Pulau Bangka dengan nama Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1). Jaringan serat optik ini menghubungkan Anyer, Kabupaten Serang (Pulau Jawa), ke Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan dan Sungsang, Kabupaten Banyuasin (yang ada di Pulau Sumatera), juga ke Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Pulau Bangka). Total panjangnya kurang-lebih 100 km.

Dengan pengembangan bisnis yang berkelanjutan, diperlukan pula dukungan SDM yang memadai untuk memberikan layanan optimal. Saat ini Biznet memiliki kurang-lebih 4.000 karyawan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia .

Menurut Adi, penghargaan sebagai salah satu Indonesia Most Reputable Companies 2023 merupakan hasil orkestrasi semua tim yang bekerja dengan irama yang sama. Namun, ditegaskannya, pekerjaan belum selesai. “Tantangannya adalah mempertahankan kinerja yang selama ini telah terbangun,” ujarnya tandas. (*)

Jeihan K. Barlian

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved