Trends

4 Bank Terjun ke Bisnis Paylater, Ini Daftarnya

Ilustrasi. (iStockphoto/B4LLS).
Ilustrasi. (iStockphoto/B4LLS).

Saat ini, sejumlah perbankan mulai merambah ke segmen bisnis Buy Now Pay Later (BNPL) alias paylater. Sebelumnya, layanan ini marak ditawarkan oleh perusahaan teknologi finansial atau pinjaman online serta perusahaan pembiayaan.

Kini perbankan menawarkan fasilitas kredit paylater untuk digunakan sebagai alternatif pembayaran. Hal yang membedakan dengan layanan paylater lainnya adalah akses fitur ini dilakukan langsung melalui aplikasi perbankan digital.

Berikut merupakan daftar perbankan yang sudah memiliki layanan paylater.

1. BCA

PT Bank Central Asia Tbk. alias BCA telah resmi meluncurkan layanan transaksi paylater yang sudah dapat diakses melalui aplikasi myBCA. Fitur ini sudah bisa dipakai pengguna pada 30 September 2023 lalu.

Adapun paylater BCA merupakan fasilitas kredit yang dapat digunakan sebagai alternatif pembayaran melalui scan QRIS di aplikasi myBCA. Pembayaran kembalinya dapat dicicil dengan pilihan jangka waktu.

Melansir dari laman resmi BCA, disebutkan bahwa limit kredit hingga Rp 20 juta dengan mekanisme revolving. Terdapat pilihan jangka waktu (tenor) cicilan 1 bulan (bayar nanti), 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan dengan suku bunga sampai dengan 2 persen flat per bulannya.

Dalam rangka peluncuran fitur baru ini, BCA menebar promo khusus bunga 0 persen hingga 31 Januari 2024 untuk pengajuan cicilan 1 dan 3 bulan. Lalu, ada pula promo bunga 1,25 persen hingga 31 Maret 2024 untuk cicilan 6 dan 12 bulan.

Informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman https://www.bca.co.id/id/Individu/layanan/e-banking/mybca/paylater-bca

2. Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. juga berinovasi menghadirkan produk kredit digital Livin’ Paylater. Dilansir melalui laman resminya, Livin’ Paylater merupakan fasilitas pinjaman yang diberikan oleh Bank Mandiri untuk pembayaran transaksi QR di seluruh merchant dengan konsep beli sekarang dan bayar nanti dalam waktu 1, 3, 6, 9 atau 12 bulan.

Fitur ini dapat digunakan untuk bertransaksi dari Rp 10 ribu sampai Rp 20 juta. Pembayaran tagihan juga dilakukan dengan cara auto debet rekening nasabah sesuai dengan tanggal jatuh tempo transaksi. Adapun biaya yang dibebankan kepada pengguna, antara lain:

– Bunga pinjaman mulai dari 0 persen (tenor 1 dan 3 bulan) dan mulai dari 1,5 persen flat per bulan (tenor > 3 bulan)– Biaya admin mulai dari 0,25 persen per transaksi– Biaya denda keterlambatan mulai dari 4 persen per bulan dari tagihan tertunggak

Informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman https://bankmandiri.co.id/livin/paylater

3. Allobank

PT Allo Bank Indonesia (Tbk) juga memiliki produk serupa, bernama Allo PayLater. Fitur ini menawarkan pilihan tenor, mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Melansir laman resminya, Allo Paylater dapat digunakan untuk bertransaksi hingga Rp 100 juta untuk berbelanja atau cairkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk biaya admin 1 bulan adalah 4,5 persen, 4 persen untuk 3 bulan, 3,5 persen untuk 6 bulan, dan 3 persen untuk 12 bulan. Lebih lanjut, biaya keterlambatan adalah sebesar 0,30 persen per hari dari pinjaman pokok yang lewat jatuh tempo.

Informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman https://get.allobank.com/rates

4. Bank DBS Indonesia

PT Bank DBS Indonesia juga menawarkan fitur paylater bernama Digibank Paylater. Melalui laman resminya, fitur ini hadir untuk merubah transaksi retail dan tagihan bulanan kartu kredit menjadi cicilan anytime anywhere dengan berbagai keuntungan, diantaranya:

– Opsi cicilan jangka panjang

– Konversi cicilan instan 24/7

– Monitor dan cek status cicilan

Semua layanan ini dapat dilakukan melalui aplikasi digibank by DBS.

Digibank paytalter memberi pilihan cicilan mulai dari 3 bulan hingga 60 bulan, dengan minimal transaksi Rp 300 ribu hingga maksimal Rp 2 juta per transaksi dengan Kartu Kredit digibank Black Mastercard World melalui aplikasi digibank by DBS.

Informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman https://www.dbs.id/digibank/id/id/digibank-paylater

Sumber: Tempo.co


Copyright @2023. SWA Online Magazine

All Right Reserved