Agung Podomoro, Lakukan Corporate Branding dengan Menyodorkan Properti Asri
PT Agung Podomoro Land Tbk. berimprovisasi dan beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap unit properti. Perseroan menyodorkan beragam produk hunian dan komersial yang selaras dengan perkembangan zaman.
“Perusahaan terus menciptakan terobosan baru dan agile dalam situasi apa pun. Inilah yang memosisikan Agung Podomoro sebagai pengembang properti yang terdepan dan terbaik,” kata Agung Wirajaya, Corporate Marketing Director Agung Podomoro Land.
Agung menjelaskan, Agung Podomoro melakukan serangkaian program Corporate Branding yang mencakup aspek product & services, corporate credibility, value & program, dan people & relationship. Perusahaan yang beroperasi sejak 53 tahun silam itu cukup lihai dan jeli membaca situasi pasar, sehingga produknya sesuai dengan kebutuhan konsumen.
“Contohnya, sebelum pandemi Covid-19 terjadi, kami membangun properti berkonsep hijau dan menyatu dengan alam. Hal ini tecermin pada beberapa produk properti, seperti Kota Podomoro Tenjo yang menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Podomoro Park Bandung yang mengutamakan ekosistem yang asri dan nyaman,” tutur Agung.
Contoh lainnya, ada Podomoro Golf View di Cimanggis yang dikelilingi pepohonan dan Parkland Podomoro Karawang yang menonjolkan lingkungan sehat nan asri. “Produk properti seperti ini yang membuat produk Agung Podomoro selalu diminati konsumen,” ungkap Agung.
Proyek properti yang mengadopsi konsep berkelanjutan itu menyiratkan konsep Living in Style yang tersemat di seluruh produk properti perseroan.
Emiten properti yang sahamnya berkode APLN ini melanjutkan pembangunan sejumlah proyek properti di berbagai kota di Indonesia untuk mengerek corporate branding. Pada semester I/2023, Agung Podomoro telah merilis proyek properti terbaru, yaitu Parkland Podomoro di Karawang, Jawa Barat.
Pembangunan dan serah–terima unit di sejumlah proyek properti terus dilakukan. Antara lain, di Kota Podomoro Tenjo, Bukit Podomoro Jakarta, Kota Kertabumi Karawang, Podomoro Park Bandung, Vimala Hills Bogor, Podomoro Golf View Cimanggis, dan Podomoro City Deli Medan.
Agung menyebutkan, perusahaan berdisiplin menerapkan tata–kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) dan rajin berkolaborasi dengan para mitra bisnis. Contoh penerapan GCG itu, antara lain, tepat waktu dalam menyelesaikan pembangunan proyek dan menyerahkan unit properti kepada konsumen. Kepercayaan para pemangku kepentingan pun semakin tebal. Agung Podomoro berkesinambungan menyodorkan properti yang berkualitas dan unggul.
Guna mendongkrak hal ini, Agung Podomoro mengonsolidasikan kampanye komunikasi yang menarasikan produknya itu. Tim marketing communication perseroan bekerja lincah dan adaptif untuk menggaungkan narasi tunggal ini agar corporate branding kian melambung.
Seluruh karyawan, menurut Agung, berpartisipasi aktif di program ini, dan perusahaan ini memberikan beragam pelatihan kepada pegawai. “Kami juga berkoordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh tim internal dan eksternal, yakni para konsultan yang kredibel, untuk mencapai objektif yang telah disepakati dalam program corporate branding,” katanya.
Dampak positif Corporate Branding ialah meningkatkan kepercayaan konsumen. “Kemudian, menciptakan loyalitas konsumen, menciptakan diferensiasi produk dibandingkan kompetitor, dan memperluas pasar,” Agung menambahkan.
Setidaknya, keberhasilan ini tecermin pada pendapatan berulang (recurring income) APLN di semester I/2023 senilai Rp 678,9 miliar, naik 4,03% dari Rp 652,6 miliar pada semester I/2022. Kontributornya bersumber dari sewa pusat perbelanjaan senilai Rp 278,7 miliar dan bisnis perhotelan di sejumlah pusat perbelanjaan perseroan sebesar Rp 399,9 miliar.
Ke depan, Agung Podomoro terus melanjutkan komitmen untuk menghadirkan hunian dan produk properti ramah lingkungan, mengedepankan aspek keberlanjutan, serta memperkuat kolaborasi bisnis. (*)
Vina Anggita & Vicky Rachman