Technology Trends

Kolaborasi Majukan Industri PLTS Atap

Xurya, startup energi terbarukan yang mempelopori metode Rp0,- dalam pembiayaan PLTS Atap bekerja sama dengan Samator dalam memajukan sektor energi baru dan terbarukan (EBT), khususnya PLTS Atap, di Indonesia.

Pada 2016 lalu, Samator menjadi pionir dalam melakukan instalasi sistem solar panel berkapasitas 1 MegaWatt di pabrik produksi gas miliknya yang berada wilayah Bambe-Driyorejo, Gresik. Samator sendiri berkomitmen untuk terus menambah jumlah pembangkit listrik tenaga surya dan memperluas layanannya untuk memenuhi komitmen perusahaan pada lingkungan hidup.

Imelda Harsono, Direktur PT Samator Indo Gas Tbk menjelaskan, selama beberapa tahun ini, Samator telah menjalankan berbagai usaha untuk meningkatkan efisiensi energi atas proses bisnisnya dan mengurangi emisi dari operasi skala nasional dengan mengadopsi energi terbarukan menggunakan PLTS Atap. Kerja sama dengan Xurya ini menjadi komitmen berperan aktif dalam transisi energi global.

Dalam kerja sama ini, kedua pihak sepakat untuk menggabungkan keahlian dan sumber daya masing-masing perusahaan untuk mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan akses masyarakat terhadap energi bersih dan mengurangi jejak karbon.

“Kami percaya bahwa kolaborasi menjadi kunci penting untuk meningkatkan penggunaan EBT. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di sektor EBT, Xurya terbuka untuk melakukan berbagai kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki visi yang sama,” ujar Eka Himawan, Managing Director Xurya dikutip dalam keterangan resmi, Kamis (12/10/2023).

Menjadi cerminan dari visi bersama kedua perusahaan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, kerja sama ini diharapkan dapat menjadi langkah besar dalam mendorong perubahan positif di sektor EBT di Indonesia. Kedepannya, Xurya dan Samator akan berinovasi lebih lanjut untuk mendukung meningkatkan penggunaan PLTS Atap di sektor komersial dan industri.

Dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) yang disampaikan pada Perjanjian Paris, Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada tahun 2030 tanpa bantuan internasional dan 41% dengan bantuan internasional. Komitmen itu juga diperkuat dengan partisipasi Indonesia di COP26 Glasgow 2021 di mana Pemerintah Indonesia menyatakan mampu untuk berkontribusi dalam percepatan perwujudan Net-Zero Emission (NZE) global.

Hingga saat ini, Xurya telah memiliki lebih dari 100 proyek PLTS Atap yang tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Makassar. Proyek PLTS Atap Xurya diperkirakan mampu memproduksi lebih dari 150 juta kWh energi bersih dan berkontribusi mengurangi lebih dari 134 juta kg emisi gas CO².

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved