Automotive

Upaya Memasarkan Mazda Lewat Multifaset Approach

Foto : LinkedIn

Mazda Indonesia telah melansir SUV premium terbarunya di Indonesia, yakni All-New Mazda CX-60. Ujung tombak pencapaian pemasaran ini tidak lain adalah Pramita Sari, General Manager Marketing and Communications Eurokars Motor Indonesia. Lewat strateginya, Pramita meningkatkan Public Relations Value merek Mazda di segmen mobil premium Indonesia sebesar 30%.

Brand awareness masyarakat Indonesia terhadap merek Mazda sebagai kendaraan premium adalah hasil strategi pemasaran Pramita Sari serta timnya. Hal ini terbukti seperti saat seri Mazda CX-5, berhasil meraih 31% dari 1.002 surat pemesanan kendaraan (SPK) selama acara GIIAS 2023 berlangsung.

Pramita memulai perjalanan kariernya di dunia otomotif sejak November 2021 sebagai Head of PR & Communications. Sebelumny, dia berkarir di bidang perhotelan dan gaya hidup di Indonesia. Kecintaannya di dunia pemasaran mengantarkannya ke Mazda Indonesia.

Di bawah kepemimpinannya, Eurokars Motor Indonesia telah memperkuat brand positioning-nya sebagai merek premium melalui pendekatan multifaset seperti : diferensiasi produk, sosialisasi nilai-nilai Mazda kepada pelanggan, melakukan transformasi digital, serta inovasi pemasaran. Selain itu, dia juga mendorong pendekatan pemasaran berbasis nilai (value-driven) yang akan membantu para pemasar dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

“Saat kami sudah memahami kebutuhan pelanggan, di situlah kami mulai memupuk loyalitas pelanggan yang melampaui lintas generasi. Dengan memberikan pengalaman yang memuaskan, produk berkualitas, dan layanan yang luar biasa, kami dapat membangun reputasi merek yang sampai saat ini masih terus berkembang,” katanya.

Kantor Pusat Mazda di Simprug, Jakarta Selatan merupakan tonggak sejarah terobosan bagi Mazda. Gedung tersebut merupakan pusat layanan pertama yang melambangkan daya tanggap yang cekatan, personalisasi, serta pelibatan pelanggan yang penuh atensi. Lebih dari itu, gedung tersebut memperkenalkan nilai-nilai Mazda ke pelanggan, membangun hubungan emosional yang lebih dari sekadar transaksi. Inisiatif strategi pemasaran dan komunikasi Mazda Indonesia saat ini juga merupakan sinergi dan perpaduan dengan tim Mazda Jepang, di mana tim dari kedua negara berkolaborasi untuk menciptakan strategi menarik yang dapat diterima oleh pelanggan di masing-masing negara.

Seiring dengan langkah Mazda Indonesia tahun 2023 di mana pertumbuhan sektor otomotif nasional yang menjanjikan sebesar 10,64%, ini mendorong rasa optimisme dan memberikan peluang baru bagi merek untuk berkembang. Pramita optimistis bahwa tren positif industri ini bukan sebagai tantangan, namun sebagai angin segar yang membuka jalan untuk inovasi, ekspansi, dan transformasi. “Dengan 25 dealer resmi di penjuru negeri, Mazda Indonesia siap merebut hati para pecinta otomotif Indonesia melalui kolaborasi, pemberdayaan komunitas, serta partisipasi dalam berbagai kegiatan,” cetusnya.

Pramita Sari fokus untuk terus membangun Mazda Indonesia sebagai merek yang dekat dengan pelanggannya. Berbekal pengalaman lebih dari 15 tahun di sektor B2B dan B2C, kecakapan komunikasi strategisnya telah mendorong berbagai merek yang pernah dia tangani untuk melaju lebih tinggi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved