Capital Market & Investment

Mitsui Jepang Akuisisi 22,1% Saham Anak Usaha Sekar Laut

Mitsui akusisi saham perusahaan distribusi makanan dan logistik rantai pendingin. (dok PL)

Mitsui Co Ltd asal Jepang resmi mengakuisisi 22,1% saham anak usaha PT Sekar Laut Tbk (SKLT) PT Pangan Lestari (PL), Senin (16/10/2023). Nilai setoran modal Mitsui ke PL sejumlah Rp150 miliar dan ini berdampak pada perubahan kepemilikan saham perseroan di PL dari 99,9% menjadi 77,8%.

Dalam keterbukaan informasi BEI, Direktur Sekar Laut John C Gozali mengatakan pelaksanaan investasi diperkirakan sebelum 31 Desember 2023. Kedua entitas telah melakukan perjanjian yang bertujuan masuknya investasi dari Mitsui di anak perusahaan PT Pangan Lestari (PL). “Nilai setoran modal Mitsui ke PL sejumlah Rp 150 miliar,” katanya, dikutip Selasa (17/10/2023).

PL merupakan salah satu perusahaan distribusi makanan dan logistik rantai pendingin di Indonesia, yang mendistribusikan berbagai produk makanan mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga produk makanan beku kepada pengecer besar, restoran, hotel dan pelanggan lainnya di seluruh Indonesia. PL memanfaatkan rantai logistik suhu ruang dan pendingin.

Presiden dan CEO Mitsui Kenichi Hori mengatakan dengan jumlah penduduk sekitar 270 juta jiwa, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara dan diperkirakan akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030. Selain itu, Indonesia diperkirakan memiliki tingkat pertumbuhan PDB riil yang tetap berada di kisaran 5%, sehingga Indonesia merupakan pasar konsumen yang menjanjikan, di mana jumlah penduduk meningkat dengan cepat diikuti dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

“Dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan pertumbuhan kelas menengah di Indonesia, budaya pangan menjadi lebih diversifikasi dan permintaan konsumen terhadap pangan mulai beralih dari kuantitas ke kualitas. Selain itu permintaan terhadap makanan olahan seperti makanan beku diperkirakan akan semakin meningkat di masa yang akan datang,” katanya.

Di sisi lain struktur distribusi dan logistik pangan di Indonesia masih dinilai belum efisien sehingga dapat menghambat pertumbuhan eksponensial untuk pasar produk makanan beku. Melalui investasi di PL, Mitsui akan mendorong peningkatan fungsi distribusi dan efisiensi logistik untuk dapat membantu memecahkan masalah sosial seperti penurunan kualitas produk dalam perjalanan dan mengurangi kepadatan lalu lintas.

“Mitsui juga akan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari konsumen Indonesia melalui perluasan bisnis PL, dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahliannya dalam bisnis distribusi makanan dan logistik rantai pendingin,” katanya dalam rilis resmi perseroan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved