Companies

Astra Credit Companies, Sinergikan Corporate Branding di Empat Perusahaan

Dharmawan Phie, Chief Risk & Finance Officer Astra Sedaya Finance

Astra Credit Companies (ACC) yang merupakan gabungan dari empat perusahaan pembiayaan, yaitu Astra Sedaya Finance, PT Swadharma Bhakti Sedaya Finance, PT Astra Auto Finance, dan PT Staco Estika Sedaya Finance, serta satu perusahaan jasa penagihan, yaitu PT Pratama Sadya Sadhana, memiliki tim khusus untuk mengelola program corporate branding.

Dharmawan Phie, Chief Risk & Finance Officer Astra Sedaya Finance, mengatakan bahwa ada tim khusus di ACC, yakni departemen marketing promotion & branding, yang berfungsi melaksanakan serangkaian kegiatan corporate branding. Guna memaksimalkan tugas ini, unit kerja lainnya, seperti corporate communication, turut berpartisipasi aktif mengeksekusi program itu.

Berbicara tentang corporate branding, Dharmawan menuturkan, seluruh pegawai perusahaan di bawah naungan ACC berpartisipasi aktif meningkatkan citra merek perusahaan serta berinovasi mengembangkan produk dan layanan. “Pada prinsipnya, seluruh karyawan ACC membantu melakukan program corporate branding di departemen masing-masing,” katanya.

Sejumlah langkah nyata diimplementasikan, misalnya Tim Front Office menggelar kegiatan corporate branding kepada masyarakat dan pelanggan. “Mereka selaku aktif menginformasikan produk dan layanan serta difrensiasi ACC dibandingkan perusahaan pembiayaan lainnya,” ucap Dharmawan. Karyawan yang tidak bersentuhan langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan turut berkontribusi aktif menginformasikan produk dan layanan ACC di media sosial.

Dharmawan menjelaskan, dampak positif dari program ini, antara lain meningkatkan minat calon pelanggan serta meningkatkan loyalitas pelanggan. “Corporate branding yang dilakukan ACC akan membantu membangun serta memelihara citra dan reputasi ACC sebagai perusahaan pembiayaan,” katanya. Nah, program corporate branding di ACC ini bertautan dengan empat aspek.

Yang pertama, product & services. ACC berimprovisasi dan berinovasi untuk mengembangkan produk dan layanannya. Sebut contoh, sejak 2016 menggiatkan digitalisasi dengan meluncurkan aplikasi pembiayaan.

Lalu, meluncurkan pusat operasional berbasis digital di Yogyakarta pada 2022. Pusat operasional ini mengusung konsep sentralisasi proses berbasis teknologi dengan menggunakan sistem kerja yang lincah untuk menggarap tiga pilar bisni: operations center, telephony center, dan techno center.

Aspek kedua, corporate credibility. Ini bertautan dengan strategi bisnis ACC yang berkesinambungan. Hal ini tecermin dalam kinerja ACC per Juni 2023. Penyaluran pembiayaan pada semester I/2023 naik 17%. “Secara unit pembiayaan, kami mencatat peningkatan sebesar 13% dan total aset kami tumbuh 14%,” ungkapnya. ACC tidak memangkas jumlah pegawai kendati bisnisnya sempat terdampak wabah virus Corona.

Berikutnya, ketiga, Value & Program. ACC mempraktikkan program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) yang berlandaskan pilar pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan UMKM. Program ini dijalankan untuk masyarakat di sekitar kantor ACC di seluruh Indonesia. Dan, sejalan dengan roadmap ASTRA 2030, yaitu sustainability aspirations –Astra ingin berkontribusi dalam memperkuat ketahanan perekonomian Indonesia yang mendukung masyarakat yang inklusif dan sejahtera–, ACC juga sudah melakukan program-program sustainability.

Yang terakhir, aspek keempat, People & Relationship. ACC rutin melaksanakan program employee branding untuk calon karyawan dan karyawan. “Kami juga menggunakan karyawan existing ACC lewat pengalaman mereka bekerja di ACC, sehingga calon karyawan tertarik untuk bekerja di ACC. Sementara, untuk karyawan yang sudah bekerja di ACC, kami juga terus melakukan branding agar mereka tetap nyaman bekerja di ACC,” kata Dharmawan. (*)

Arie Liliyah & Vicky Rachman

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved