Technology Trends

Garap Pasar Unbanked, GoPay & Bank Jago Hadirkan Rekening Digital

Peluncuran aplikasi GoPay. (foto Ubaidillah/SWA)

GoPay bagian dari GoTo Financial dan Bank Jago memperkenalkan layanan baru: GoPay Tabungan by Jago. Ini merupakan rekening untuk transaksi sehari-hari yang bisa diakses secara digital melalui aplikasi GoPay atau Gojek. Hans Patuwo selaku Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo mengatakan, layanan terbaru ini menjadi bagian dari perjalanan evolusi GoPay dalam menghadirkan beragam layanan finansial, menyusul telah diluncurkannya aplikasi GoPay pada Juli 2023.

GoPay Tabungan by Jago untuk menjawab tantangan masyarakat unbanked. “GoPay Tabungan by Jago adalah rekening transaksi sehari-hari pertama di Indonesia yang menggabungkan layanan uang elektronik (e-money) yang simpel dengan keunggulan bank. Jika sebelumnya GoPay hanya digunakan sebagai layanan pembayaran, kini GoPay juga dapat digunakan untuk transfer, menyimpan uang untuk transaksi sehari-hari, mengajukan pinjaman, dalam satu aplikasi,” katanya.

Berdasarkan data Bank Indonesia, terdapat 97 juta orang dewasa di Indonesia yang masuk ke dalam kategori unbanked atau tidak memiliki akun di bank. Menurut riset Bank Dunia (Global Findex Database 2021) sejumlah tantangan yang dihadapi masyarakat diantaranya lokasi bank yang cukup jauh, keterbatasan uang, dan biaya administrasi yang mahal.

Arief Harris Tandjung selaku Direktur Utama Bank Jago mengungkapkan, GoPay Tabungan by Jago diluncurkan sebagai bagian dari kelanjutan kolaborasi strategis antara GoPay dan Bank Jago. “Berangkat dari misi yang sama, pihaknya percaya kolaborasi antara bank dan ekosistem digital menjadi kunci dalam melahirkan inovasi guna mengakselerasi inklusi keuangan melalui kepemilikan rekening bank,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (18/10/2023).

Sebelumnya, GoTo membuat aplikasi GoPay secara terpisah, meskipun GoPay masih bisa digunakan di dalam aplikasi Gojek dan Tokopedia sebagai platform transaksi dan transfer. Dalam peluncuran aplikasi GoPay beberapa bulan yang lalu, CEO GoTo Patrick Walujo mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu strategi GoTo untuk memperluas cakupan konsumen.

“Aplikasi ini (GoPay) dibuat untuk bisa merambah masyarakat Indonesia yang lebih luas, terutama mereka yang belum menjadi konsumen maupun pengguna layanan dari Gojek dan Tokopedia. Kami berharap dengan menggunakan aplikasi GoPay menjadi langkah awal untuk menjadi pelanggan Gojek dan Tokopedia,” kata Patrick dalam sambutan peluncuran aplikasi GoPay dikutip dari arsip SWA Online.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved