Technology Trends

Living Lab dan Siklus Berikan Solusi Ritel Berkelanjutan untuk BSD City

Living Lab Ventures, firma pemodal ventura milik Sinar Mas Land bekerja sama dengan Siklus, startup Indonesia yang memperkenalkan solusi ekonomi dan lingkungan hidup melalui berbagai solusi ritel dan e-commerce-nya. Kolaborasi perdana Living Lab Ventures dan Siklus akan memperkenalkan layanan pesan antar isi ulang bagi para penghuni di clubhouse, klaster, dan kantor tertentu di BSD City.

Kerja sama dengan Siklus adalah salah satu perwujudan misi Living Lab Ventures dalam perluasan dan pengenalan berbagai inovasi teknologi untuk pasar, yang sejalan dengan visi Sinar Mas Land untuk mentransformasikan BSD City menjadi kota digital pintar terintegrasi. Siklus akan menjadi bagian dari program Living Lab Ventures yang menginkubasi dan mempercepat akselerasi pembentukan startup yang berpotensi tinggi. Melalui Living Lab Ventures, Siklus akan memperkenalkan dan menyatukan solusi teknologi dan ritelnya dengan aktivitas sehari-hari para penghuni BSD City.

“Living Lab Ventures terus mencari para startup berbasis teknologi yang baru nan inovatif untuk menjadi bagian dari ekosistem startup kami. Kami menemukan Siklus, startup lokal yang kian dikenal di industri berkat solusi-solusi ritel dan e-commerce yang berkelanjutan, yang juga adalah mitra perusahaan ternama seperti Reckitt, Nestle, P&G, dan Unilever. Setelah melewati proses due diligence, kami memutuskan untuk memasukkan Siklus ke dalam program inkubator Living Lab Ventures, dimulai dengan proyek perdana kami di BSD City,” jelas Bayu Seto, Partner di Living Lab Ventures.

Saat mencermati Siklus, Bayu melihat momentum yang telah mereka raih, teknologi dan operasional mereka, sekaligus dampak upaya berkelanjutannya secara menyeluruh. Selain mendalami berbagai upaya mereka dalam hal pengurangan plastik, kami juga melihat apakah keberlanjutan juga berlaku di balik layar operasional usahanya – contohnya, komitmen dalam menggunakan kendaraan listrik dan mengurangi carbon footprint usaha mereka. Faktor-faktor tersebut berperan penting dalam pengambilan keputusan mengundang Siklus menjadi bagian dari Living Lab Ventures.

Bekerja sama dengan tim Living Lab Ventures, Siklus akan memperkenalkan solusi pesan antar isi ulang untuk beberapa clubhouse, klaster, dan kantor-kantor di BSD City. Dimulai bulan ini, proyek kolaboratif ini akan memperkenalkan mobil listrik dengan branding ‘Siklus x LLV x BSD City’ yang melayani keperluan isi ulang barang-barang kebutuhan sehari-hari, dan bisa ditemukan di area clubhouse, klaster serta kantor-kantor tertentu di BSD City. Para penghuni bisa memesan bermacam-macam produk, mengisi dan juga mengisi ulang wadah yang memang bisa diisi dan digunakan berkali-kali. Masih terkait kerja sama, Siklus akan diintegrasikan ke dalam OneSmile, platform digital yang disediakan bagi para penghuni BSD City, sehingga Siklus bisa selangkah lebih dekat dengan calon-calon pelanggan barunya.

Didirikan tiga tahun lalu, Siklus telah berhasil mencegah penggunaan dan potensi sampah plastik sekali pakai sebanyak sekitar 27,7 ton. Dalam 12 bulan terakhir, Siklus pun telah memperluas ekosistem dan model bisnis ritel berkelanjutan miliknya, terutama dengan peluncuran ‘Tukar Wadah’ – solusi penukaran, pengemasan, pendaurulangan dan penggunaan ulang yang menghubungkan para supplier dan penjual wholesale dengan para konsumen melalui platform Siklus.

Menyambut 2024, Siklus memasuki fase selanjutnya dalam langkah pertumbuhan usahanya. Dengan dukungan Living Lab Ventures, Siklus menargetkan akselerasi pertumbuhan serta perluasan operasi dan dampak keberlanjutannya ke seluruh wilayah Indonesia, di mana kesuksesannya berpotensi untuk direplikasikan secara regional dalam waktu dekat.

“Sebagai startup dengan misi mengubah wajah dan model bisnis ritel tradisional menjadi lebih sustainable, dukungan serta keahlian Living Lab Ventures untuk membantu akselerasi fase selanjutnya dari pertumbuhan bisnis kami adalah sesuatu yang tak ternilai,” ujar Laksamana Sakti, Co-founder Siklus. Rekam jejak ataupun portofolio investasi Living Lab Ventures telah mendanai berbagai usaha yang kini menjadi raksasa, seperti contohnya Traveloka, Swap, dan Dana.

Dengan peluncuran layanan pesan antar isi ulang Siklus, para penghuni di area clubhouse, klaster, dan perkantoran tertentu di BSD City bisa dengan mudah membeli produk kebutuhan sehari-hari dengan cara yang lebih ramah lingkungan, yang didukung dengan aplikasi Siklus dan OneSmile.

“Kami melihat potensi Siklus untuk melakukan transformasi ritel berkelanjutan di Indonesia. Dengan mendukung akselerasi pertumbuhan Siklus, kami juga turut ambil bagian dalam mengurangi sampah plastik di BSD City dan mungkin juga di berbagai projek Sinar Mas Land lainnya. Sinar Mas Land memiliki misi memberi dampak positif bagi kehidupan sehari-hari para pelanggan kami melalui berbagai upaya berkelanjutan, yang di saat yang sama turut merawat lingkungan hidup. Kerja sama dengan Siklus sejalan dengan focus kami dalam hal keberlanjutan dan pengelolaan lingkungan hidup,” kata M. Reza Abdulmajid, Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land.

Terkait isu perubahan iklim, Sinar Mas Land telah menerapkan konsep keberlanjutan dan pembangunan yang lebih ramah lingkungan, bahkan sebelum proses ESG (Environmental, Social, Governance) diberlakukan. Sinar Mas Land juga secara penuh mendukung berbagai kebijakan pemerintah untuk mencapai target NZE (Net Zero Emission) di 2060. Langkah ini menggarisbawahi komitmen Sinar Mas Land untuk mewujudkan Sustainable Smart City di Indonesia. Proyek kotapraja BSD City juga dilengkapi dengan berbagi fasilitas, infrastruktur, dan kemudahan akses bagi para penghuninya.

Kerja sama dengan Sinar Mas Land melalui Living Lab Ventures adalah satu titik pencapaian besar baru dalam perjalanan Siklus mengurangi sampah plastik dan memudahkan akses terhadap barang-barang kebutuhan sehari-hari yang ramah lingkungan bagi para konsumen di Indonesia. Proyek perdana di BSD City akan berjalan selama lima bulan, dimulai dari Oktober 2023.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved