CSR Corner

Chandra Asri Kampanyekan Pilah Sampah di Ajang Jakmar 2023

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri Group) mendukung ajang Jakarta Marathon 2023 (Jakmar 2023), sebagai Official Partner for Sustainability and Circular Economy. Dalam event ini, Chandra Asri memberikan edukasi kepada para peserta dan publik mengenai pentingnya memilah sampah. Kampanye ini merupakan konsistensi mewujudkan #IndonesiaAsri sebagai bagian terpenting dalam proses ekonomi sirkular.

Edukasi tersebut dilakukan dengan berbagai macam kegiatan seperti menyediakan puluhan tempat sampah terpilah di sepanjang area pameran (race expo), mengadakan games edukatif pilah sampah, memamerkan hasil olahan sampah plastik di booth Chandra Asri pada 19-22 Oktober 2023, serta menyelenggarakan Aksi Asri Operasi Semut pada Minggu (22 Oktober) saat event lari ini digelar.

Head of Corporate Communication Chandra Asri Chrysanthi Tarigan mengungkapkan, terlibatnya Chandra Asri memiliki dalam gelaran lari ini karena Jakmar 2023 mengusung kampanye sustainability. Untuk itu, ajang ini menjadi momen yang tepat untuk membangun kesadaran peserta lari serta seluruh pengunjung dalam melakukan pemilahan sampah yang menjadi kunci dari sirkular ekonomi.

“Dengan melakukan berbagai kegiatan di Jakarta Marathon ini, kami berharap dapat menggugah kesadaran seluruh pihak tidak hanya hidup sehat dengan berolah raga, tetapi juga menjaga lingkungan agar tetap sehat dengan melakukan pemilahan sampah,” terangnya.

Selama even berlangsung tanggal 19-22 Oktober 2023, Chandra Asri menyediakan tempat sampah terpilah dengan empat kategori, yakni sampah plastik, kertas, organik, dan lainnya untuk membiasakan masyarakat dalam pemilahan sampah. Juga, mendirikan booth Indonesia Asridimana pengunjung dapat mengikuti games ‘Pilah & Tukar Sampahmu!’. Dalam games ini, pengunjung yang memilah sampah dan memasukannya sesuai dengan jenisnya akan berkesempatan memperoleh hadiah menarik.

Ada beberapa games lainnya terkait dengan sustainability yang dapat dimainkan pengunjung booth. Selain itu, para pengunjung juga dapat belajar tentang produk-produk yang bisa dihasilkan dari sampah plasik low-value dengan adanya pameran ragam hasil olahan sampah plastik, seperti, Aspal Plastik, BBM Plas, dan lainnya.

Pada hari Minggu (22/10/2023), tepat di gelaran utama Jakarta Marathon, Chandra Asri bersama 20 relawan terpilih kembali selenggarakan ‘Aksi Asri Operasi Semut untuk #IndonesiaAsri’ di sepanjang race expo. Kegiatan ini memperoleh antusiasme yang tinggi dari masyarakat yang terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 175 orang. Aksi Asri Operasi Semut ini dilakukan selain untuk mengumpulkan serta memisahkan sampah di area expo, juga untuk melakukan edukasi ke masyarakat mengenai pemilhan sampah.

Sebelumnya, Aksi Asri Operasi Semut untuk #IndonesiaAsri dalam rangka pre-event Jakarta Marathon 2023 juga telah diselenggarakan dengan melibatkan 22 relawan di Car Free Day pada Minggu (8/10) lalu dengan total sampah sebanyak 43 kg terdiri atas sampah plastik 26 kg, sampah kertas 10 kg, sampah organik 4 kg, dan sampah lainnya 3 kg.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved