Property

BSDE Raih Marketing Sales Rp6,75 Triliun, Didominasi Penjualan di BSD City

BSD City kota mandiri hasil pengembang BSDE. (dok BSDE)

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) selaku pengembang BSD City hingga September 2023 berhasil membukukan pra penjualan atau marketing sales sebesar Rp6,75 triliun. Angka ini meningkat 1% jika dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu sebesar Rp6,72 triliun.

Capaian tersebut membuat BSDE mengamankan 77% dari target pra penjualan atau marketing sales 2023 sebesar Rp8,8 triliun. Segmen residensial menjadi penyumbang tertinggi hingga 66%.

“Segmen residensial sebagai segmen bisnis utama kami berhasil membukukan pra penjualan Rp4,47 triliun hingga akhir September 2023. Ini membuktikan kami mampu mempertahankan minat masyarakat atas produk-produk properti kami.” kata Hermawan Wijaya, Direktur PT Bumi Serpong Damai dalam keterangan resmi, Senin (23/10/2023).

Per akhir September 2023, segmen residensial mencatat marketing sales sebesar Rp4,47 triliun atau setara 66% dari total marketing sales. Adapun segmen komersial termasuk apartemen dan ruko mencatat pra penjualan sebesar Rp2,28 triliun. Angka tersebut setara kontribusi sebesar 34% terhadap total pra penjualan.

Kuatnya minat pembeli dan penjualan properti bisa dilihat dari penjualan per kuartal. Sepanjang periode Triwulan III 2023 (Juli sampai September), BSDE membukukan pra penjualan sebesar Rp1,96 triliun. Penjualan rumah tapak menyumbang paling besar dari total pra penjualan di Triwulan III 2023 yakni 74% sedangkan penjualan lahan komersial, ruko dan apartemen sebesar sekitar 26%.

Hermawan mengaku pencapaian positif selama sembilan bulan pertama 2023 membuktikan kinerja sudah on track. Manajemen optimistis akan meraih target pra penjualan sebesar Rp8,08 triliun pada akhir tahun 2023 mendatang.

“Penjualan unit residensial maupun komersial di kawasan kota mandiri BSD City mendominasi angka pra penjualan. Hingga akhir September 2023, penjualan unit properti di BSD City tercatat 75% terhadap keseluruhan angka pra penjualan,” ujarnya.

Selain BSD City, kawasan properti terintegrasi lainnya seperti Grand Wisata di Bekasi dan Kota Wisata di Cibubur turut memberikan kontribusi positif yakni masing-masing 11% dan 7% terhadap total pra penjualan. Besarnya angka penjualan residensial ditopang oleh penjualan unit produk unggulan BSD City seperti Enchante, Tanakayu, Nava Park, Hiera dan Eonna.

Sementara itu, segmen komersial sepanjang 9 bulan pertama 2023 berkontribusi sebesar Rp2,28 triliun. Rinciannya penjualan ruko sebesar Rp1,27 triliun dan lahan komersial sebesar Rp737 miliar serta penjualan unit apartemen sebesar Rp269 miliar.

Penjualan ruko sebagian besar berasal dari Enchante Business Park, yang baru diluncurkan pada Triwulan III 2023 ini dan Delrey Business Townhouse di BSD City, bersama dengan Front Row Studio Loft di Kota Wisata – Cibubur. Adapun unit apartemen bersumber dari penjualan unit The Elements, Southgate dan Atrium, yang terletak di Jakarta, serta Akasa, Upper West dan Marigold, yang terletak di BSD City.

Hermawan mengungkapkan bahwa melihat hasil pra penjualan sampai dengan akhir September 2023, pihaknya optimistis dapat mencapai target pra penjualan 2023 sebesar Rp8,8 triliun. “BSDE akan mengembangkan dan memperkenalkan produk baru yang menarik di area BSD City dan pengembangan area lainnya,” ujar Hermawan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved