Trends Economic Issues

Erick Targetkan 88 Projek Strategis BUMN Tuntas Sebelum Ganti Presiden

Menteri BUMN Erick Thohir. (foto Ubaidillah/SWA)

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan dapat merampungkan 88 projek strategis Kementerian BUMN sebelum ganti presiden atau pemerintahan pada 2024 nanti. Hingga saat ini, projek tersisa 10% dan dia optimistis dapat menyelesaikannya hingga tahun depan.

“Hingga saat ini, 90% dari seluruh proyek strategis yang menjadi tanggung jawab BUMN telah selesai. Itu menjadi bentuk dukungan BUMN terhadap pemerintah dalam program strategis yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah,” kata Erick dalam keterangan resmi, Selasa (24/10/2023).

Untuk mengawasi dan mendorong percepatan agar projek selesai sesuai rencana, Kementerian BUMN telah membentuk Strategic Delivery Unit (SDU). Hal ini berada langsung di bawah menteri dan wakil menteri BUMN.

Realisasi penyelesaian 88 projek strategis tersebut merupakan salah satu target yang ingin diselesaikan sejak dirinya menjabat sebagai menteri yang ditunjuk Presiden Jokowi. Ia mengaku saat masuk ke BUMN menemukan tiga masalah.

“Langkah transformasi dilakukan karena awal saya menjadi menteri, teridentifikasi tiga masalah. Pertama, organisasi Kementerian BUMN yang cenderung birokratis. Kedua, organisasi BUMN terlalu besar dan tidak fokus. Ketiga, tidak ada satu nilai yang mengikat,” ujar Erick.

Diketahui Menteri BUMN mengelola 41 perusahaan milik negara dengan aset mencapai Rp9.842 triliun. Untuk itu, pengelolaanya dibutuhkan fokus dan ketajaman. Erick menetapkan lima prioritas dalam membina perusahaan-perusahaan milik negara tersebut.

Kelima prioritas tersebut adalah pertama, inovasi model bisnis, kedua kepemimpinan teknologi, ketiga pengembangan talenta, keempat peningkatan investasi dan kelima nilai ekonomi dan sosial untuk Indonesia. Erick mengklaim lima prioritas ini sudah banyak yang terwujud.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved