CSR Corner

Perempuan dan Penyandang Disabilitas Ditempa Menjadi Talenta Digital

Generasi muda di Surabaya dilatih menjadi talenta digital. (Foto : Plan Indonesia).

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dengan dukungan Lenovo Indonesia telah menyelesaikan penyelenggaraan pelatihan YES Tech (Youth Excellence in Smart Technology)kepada generasi muda Surabaya agar siap berkontribusi untuk memajukan perekonomian lokal di Indonesia. Sebanyak 236 kaum muda berusia 18-29 tahun telah menyelesaikan pelatihan dan siap bekerja maupun berwirausaha di bidang teknologi informasi.

Para peserta YES Tech, termasuk perempuan dan penyandang disabilitas, merayakan kelulusannya dalam acara bertajuk Reaching Beyond Our Lifespan di Surabaya, Jawa Timur pada Senin pekan ini. Sejak 2022, para talenta muda telah menjalani pelatihan di bidang teknologi informasi, khususnya terkait digital marketing, web programming, dan IT network and hardware repair. Mereka juga menjalani pelatihan kesiapan kerja (soft skill) dimana 154 orang di antara peserta telah mendapatkan pekerjaan baru, menjalani magang, melanjutkan pendidikan, atau membuka usahanya sendiri.

Benedictus Wahyu Sadewo, Youth Employment and Entrepreneurship Program Manager Plan Indonesia, mengatakan, YES Tech dirancang untuk menjadi loncatan bagi para talenta digital muda di Surabaya untuk berkarya. Program ini juga melambangkan salah satu upaya Plan Indonesia dalam memberikan akses kerja nyata kepada kaum muda Surabaya, dengan diversifikasi kemampuan teknologi melalui pelatihan yang komprehensif.

Plan Indonesia selalu bekerja untuk membantu kaum muda di Indonesia melewati dinding tinggi bernama akses menuju dunia kerja, khususnya program pelatihan yang bersifat end-to-end. “Selain itu, Plan Indonesia juga berharap agar program ini dapat bekontribusi dalam upaya kolektif Indonesia mewujudkan kerja layak dan pertumbuhan ekonomi atau tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) nomor 8, sekaligus mengurangi kesenjangan di dalam maupun antarnegara yang selaras pada SDG’s poin kesepuluh,” ujar Wahyu di Surabaya pada Senin (23/10/2023).

Pratima Harite, Head APAC Corporate Citizenship Lenovo, menyampaikan program YES Tech merupakan salah satu dari hibah pertama yang diberikan Lenovo Foundation, di bawah naungan TransforMe Grants. Melalui hibah TransforMe yang diluncurkan pada 2021, Lenovo menargetkan untuk melengkapi tenaga kerja masa kini, termasuk peserta YESTech dengan kemampuan untuk mentransformasi karier, kehidupan, dan komunitasnya.

Sementara, Nabila, peserta YES Tech, mengapresiasi program ini, karena telah membantunya mendapatkan pekerjaan di bidang digital marketing, dua minggu setelah diwisuda. Upaya Plan Indonesia dan Lenovo dalam mendukung kaum muda Surabaya mendapatkan apresiasi dari pemerintah Kota Surabaya. Eri Cahyadi, Walikota Surabaya yang diwakilkan oleh Febrina Kusumawati, Kepala Bapedalitbang Kota Surabaya, menyampaikan harapan pemerintah agar para peserta YES Tech bisa membagikan pengetahuannya dan memberi manfaat bagi komuniitas. “Para peserta adalah salah satu pihak yang bisa mencegah tejadinya inflasi besar, melalui lapangan kerja baru yang dibentuk dengan kemampuan yang Anda dapatkan dari pelatihan ini” ujar Febriana dalam penutupan kegiatan YES Tech.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved