CSR Corner

Bermitra Kembangkan Potensi Kewirausahaan Skala Kecil untuk Kaum Muda Marjinal

Yayasan Bulir Padi (YBP) bermitra dengan The Local Enablers (TLE) mengadakan Program Kewirausahaan YBP. Sasaran program ini adalah 25 anak dan kaum muda marjinal binaan YBP berusia minimal 18 tahun dan bermukim di Palmerah, Bidaracina, dan Marunda, Jakarta.

Berlangsung secara daring selama bulan Oktober – November 2023, program pelatihan ini berfokus pada pengembangan keterampilan kewirausahaan skala kecil atau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk generasi muda, khususnya kaum marjinal selaku kelompok masyarakat di perkotaan yang terpinggirkan secara ekonomi, pendidikan, dan budaya. Lebih dari 50% peserta Program Kewirausahaan YBP adalah perempuan.

“Kami percaya program ini akan membuka wawasan dan meningkatkan keterampilan serta memberdayakan anak binaan kami dalam berwirausaha. Selain merupakan salah satu faktor utama kemajuan ekonomi dan sosial, sektor ini juga menyumbang lahan pekerjaan bagi masyarakat, khususnya kaum muda marjinal YBP, yang selama ini kesulitan memperoleh akses ke sektor kerja formal,” ujar Tia Sutresna, Ketua Yayasan Bulir Padi.

Tia menambahkan, melalui Program Kewirausahaan YBP, pihaknya berusaha membantu para kaum muda binaan untuk belajar membangun dan mengembangkan wirausaha skala kecil, antara lain toko makanan dan minuman, butik kecil, hingga usaha makanan keliling. Harapannya, para penerima manfaat akan terlibat langsung menjadi pelaku bisnis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dengan membuka peluang kerja bagi kaum marjinal untuk meningkatkan taraf kehidupan dan perekonomian mereka.

Bermitra dengan TLE, salah satu organisasi social enterprise di Indonesia, Program Kewirausahaan YBP membantu kaum muda binaan belajar memahami dunia kewirausahaan skala kecil dan karakteristik yang harus dimiliki untuk memulai suatu usaha. Penerima manfaat akan mempelajari langkah-langkah untuk mengelola dan mengembangkan usaha startup dan existing business.

“Menjalani sebuah proses memerlukan ketekunan dan keberlanjutan yang sungguh-sungguh. Sebab, semua ini tentang mengubah pola pikir dan cara kerja. Ketekunan dan keberlanjutan adalah kunci agar proses belajar menjadi baik dan berdampak. Prosesnya panjang dan melelahkan, namun perlahan hasilnya mulai tampak baik dan positif. Jadi, #JanganLelahBerproses,” ujar Faris Prima, CEO Discovery Project by The Local Enablers.

Materi yang dipelajari peserta pelatihan antara lain Mengenal Kewirausahaan dan Kewirausahaan Skala Kecil & Sharing Pemenang Business Plan, Mengenal Design Thinking (Framework untuk melakukan Kewirausahaan Skala Kecil) serta Business Model Canvas (BMC): Customer Segments, Value Prepositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnership, dan Cost Structure.

Muhammad Abdul Wahab, salah satu kaum muda binaan YBP dan calon wirausaha muda peserta Program Kewirausahaan YBP 2023 mengatakan, dia senang dapat mengikuti pelatihan ini, belajar menjadi seorang wirausahawan, dan bisa bertemu dengan orang-orang hebat di bidangnya. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah awal saya untuk memulai usaha dan mendapatkan ilmu yang lebih banyak.

Dimulainya program ini ditandai dengan YBP dan TLE yang menjalankan pelatihan Training of Trainers (ToT) untuk para peserta Program Kewirausahaan YBP 2022. Pelatihan ini mencakup keterampilan evaluasi tahunan dan pengelolaan modal bisnis, serta pengembangan keterampilan menjadi mentor bisnis untuk membantu para peserta program angkatan berikutnya dan membangun ekosistem wirausaha muda. Sebanyak 57% dari peserta program 2022 menjadi mentor untuk peserta program tahun ini.

Pada akhir program, para peserta mengikuti kompetisi business plan yang diuji oleh tim mentor dan manajemen YBP untuk menilai rencana bisnis yang baik dan matang. Pemenang kompetisi akan menerima pendanaan serta kesempatan kerja sama dengan mentor selama tiga bulan untuk memulai usaha mereka.

Sebelumnya, YBP telah menjalankan Program Kewirausahaan dan bekerja sama dengan mitra-mitra strategis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Atma Jaya dan Yayasan Kaje.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved