Technology Trends

Nuon Gandeng Searce Manfaatkan Infrastruktur Cloud

Benedikta Satya, Country Director Searce Indonesia dan Aris Sudewo, CEO Nuon Digital Indonesia. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Nuon Digital Indonesia, bagian dari Telkom Group yang menyediakan konten hiburan digital berkolaborasi dengan Searce, perusahaan konsultan cloud solution & managed services untuk mempercepat transformasi digital dan mengoptimalkan proses bisnis dengan melakukan migrasi ke Google Cloud untuk mendukung 125 juta pengguna aktifnya di Indonesia.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari strategi Searce untuk menjadi konsultan teknologi IT dan membantu bisnis dalam mengembangkan masa depan dengan memanfaatkan cloud, AI, dan data analytics. Searce menyediakan keahlian untuk membantu Nuon, perusahaan konten hiburan digital terkemuka, mentransformasi bisnisnya dan memajukan strategi digitalisasinya dengan peningkatan keamanan dan skalabilitas

“Indonesia adalah negara yang mengutamakan mobile dan merupakan salah satu pasar aplikasi dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Aplikasi hiburan sangat populer di Indonesia dan mengalami peningkatan sebesar 25% dari tahun ke tahun. Para pengembang aplikasi harus terus berinovasi untuk memenuhi permintaan dari pengguna yang terus bertambah. Teknologi, keahlian, dan dukungan yang tepat diperlukan untuk mendorong transformasi digital yang berarti dan membangun ekonomi kreatif,” kata Benedikta Satya, Country Director Searce Indonesia (25/10/2023).

“Tujuan kamiuntuk membantu klien membayangkan masa depan organisasi mereka dan kemudian mewujudkannya. Bersama dengan Nuon, kami berkomitmen untuk terus memajukan industri kreatif di Indonesia dan mendorong hasil bisnis yang cerdas, berdampak, dan futuristik,” tambahnya.

Didirikan pada 2010, Nuon sebagai perusahaan yang bergerak dibidang digital lifestyle siap menyediakan konten digital bagi para penggunanya. Nuon memiliki peran terhadap dinamika industri konten hiburan digital dengan value chain bisnis yang dimiliki terkait dengan content, platform enabler, dan user experience. Nuon memiliki peran dalam menciptakan banyak peluang dan dampak positif sebagai salah satu pelaku bisnis pada sektor digital games, digital music, dan digital edutainment.

Sebagai salah satu pelaku bisnis dalam industri gim, data menunjukkan bahwa mobile game merupakan kategori aplikasi terpopuler di Indonesia pada tahun 2022, diunduh lebih dari tiga miliar kali di semua platform. Dengan meningkatnya jumlah perangkat mobile yang terhubung di Indonesia menjadi 370,1 juta, Nuon tertantang untuk mengembangkan aplikasi lebih cepat, mengurangi ketergantungan pada infrastruktur on-premise, serta meningkatkan keamanan dan biaya.

Searce dapat mensolusikan dan memastikan bahwa mereka bekerja sama dengan Google Cloud untuk memigrasikan 30+ server di luar lokasi. Kini, 98% dari aplikasi dan beban kerjanya dihosting di komputasi awan. Bagi perusahaan, kinerja bisnis meningkat 99% dan memberikan layanan mikro kepada klien tiga kali lebih cepat. Pencapaian ini memungkinkan Nuon untuk fokus dalam merespon pasar dengan lebih baik, strategi pasar yang didukung oleh layanan TI yang lincah, fleksibel, dan terukur.

“Inovasi dan digitalisasi adalah dua prioritas utama yang menjadi fokus Nuon. Dunia digital sedang mengalami transformasi yang cepat dan manfaat serta potensi yang muncul saat ini dari dinamika inovasi teknologi sangatlah besar. Saya senang kami dapat menemukan mitra yang sangat responsif di Searce dan Google Cloud yang benar-benar berinvestasi dalam kesuksesan kami. Kolaborasi ini akan memungkinkan kami untuk memimpin industri dalam berbagai hal,” kata Aris Sudewo, CEO Nuon Digital Indonesia.

“Seiring dengan upaya perusahaan-perusahaan tersebut untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup digital lebih banyak lagi konsumen, melalui Google Cloud, mereka dapat memanfaatkan infrastruktur autoscaling dan kapabilitas modernisasi aplikasi yang sama dengan yang digunakan untuk mendukung layanan langsung seperti Google Search dan YouTube untuk miliaran pengguna global. Mereka tidak perlu lagi berkompromi antara pencapaian kinerja, pengelolaan, dan skala,” ujar Anang Efendy, Country Manager Enterprise and Public Sector Indonesia di Google Cloud.

Beralih ke cloud juga akan memungkinkan perusahaan seperti Nuon Digital Indonesia untuk mengakses model dan alat AI generatif tingkat perusahaan melalui platform Vertex AI dari Google Cloud. Hal ini akan membantu meningkatkan kreativitas, memperluas jangkauan pengalaman yang dapat diberikan dan membuka jalan baru untuk keterlibatan audiens dan monetisasi, sambil melindungi kekayaan intelektual dan data kepemilikan.

“Gen AI akan memberikan dampak terbesar pada industri media, hiburan, dan game sejak kemunculan grafis 3D real-time dan smartphone. Di Google Cloud, kami akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra kami yang berharga seperti Searce untuk menghadirkan infrastruktur yang dioptimalkan untuk beban kerja, analisis data yang kuat, dan kemampuan AI yang paling kuat dan bertanggung jawab yang diperlukan untuk membantu memajukan ekonomi digital Indonesia,” tutur Efendy.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved