Trends

Pertama di Indonesia, Intip Kolaborasi Danareksa dan CITIC Envirotech

Foto : Dok Danareksa.

PT Danareksa (Persero) dan PT CITIC Envirotech Indonesia menandatangani head of agreement pengelolaan air limbah bawah tanah pertama di Indonesia. Penandatanganan perjanjian pendahuluan ini dilakukan oleh Direktur Investasi Danareksa, Chris Soemijantoro dan Direktur PT CITIC Envirotech Indonesia, Chong Weng Chiew pada saat peresmian kantor pusat internasional CITIC Envirotech di Singapura sebagai kelanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani kedua perusahaan pada 15 September 2023 di Guangzhou, Cina.

Kerjasama ini merupakan wujud nyata upaya transformasi dan optimalisasi bisnis anggota holding Danareksa, terutama untuk pengelolaan 7 kawasan industri di Indonesia. Melalui Kerjasama ini, Danareksa dan CITIC Envirotech Indonesia akan membangun instalasi pengolahan air limbah bawah tanah pertama di Indonesia dengan teknologi khusus dan desain rekayasa canggih berkapasitas 150 liter/detik (12.960 m3/hari).

Instalasi pertama tersebut akan mulai dilakukan pada November di kawasan industri yang berlokasi di tengah kota Jakarta, yakni di Kawasan Berikat Nusantara untuk berikutnya direncanakan untuk juga dibangun di kawasan industri holding BUMN Danareksa lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama Danareksa, Yadi Jaya Ruchandi, mengatakan Danareksa terus berkomitmen dalam menjalankan amanah yang diberikan oleh pemerintah Indonesia dalam mengoptimalisasi bisnis BUMN anggota holding-nya melalui transformasi dan penciptaan nilai.

Pembangunan instalasi pengelolaan air limbah pertama di Indonesia ini menjadi salah satu perwujudan dari transformasi kawasan industri menjadi kawasan industri yang memiliki nilai tambah sebagai kawasan industri yang smart, modern, and green sejalan dengan upaya pemerintah dalam pembangunan kawasan industri hijau yang berkelanjutan.

Perjanjian kerja sama dengan CITIC Envirotech Indonesia ini akan dilaksanakan menggunakan skema EPC/EPC-F (engineering, procurement, construction, and financing) yang menyediakan teknologi khusus dan desain rekayasa canggih untuk membangun instalasi pengelolaan air limbah bawah tanah berkapasitas hingga 150 l/s (12.960 m3/hari) dengan tetap bergantung pada hasil studi kelayakan.

Yadi menyampaikan pembangunan ini turut melibatkan sinergi holding BUMN Danareksa dengan PT Virama Karya (Persero) sebagai pelaksana pra-studi kelayakan. “Merupakan instalasi pengelolaan air limbah pertama di Indonesia, maka kami dan CITIC Envirotech Indonesia berkomitmen untuk merancang instalasi tersebut dengan persyaratan yang sesuai dengan standar instalasi pengelolaan air limbah bawah tanah internasional, seperti Guangzhou Jingxi dengan kualitas dan kapasitas pengolahan yang sama serta tetap memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik,” ucap Yadi pada siaran pers di Singapura, Kamis (26/10/2023).

Sejak peluncuran Indonesia Water Fund, CITIC Envirotech Indonesia telah menjadi mitra yang aktif dalam membantu Danareksa untuk proyek strategis nasional di kota Binjai dan Medan untuk pembangunan persediaan air EPC-F Daerah dengan kapasitas 300 ribu m3/hari.

Ke depannya, CITIC Envirotech Indonesia juga akan bekerja sama dengan Danareksa untuk pembangunan instalasi pengelolaan air limbah untuk 3 kawasan industri holding BUMN Danareksa lainnya. CITIC Envirotech Indonesia juga merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara asing yang dipercaya untuk menjalankan proyek pemerintah bersama Danareksa dalam skema EPC/EPC-F.

Yadi meyakini sinergi holding BUMN Danareksa bersama perusahaan global yang didukung oleh reputasi dari kedua perusahaan ini dapat menghasilkan kekuatan baru di kawasan industri serta memberikan kebermanfaatan bagi negara untuk kawasan industri yang hijau.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved