Automotive

Platform Ini Percepat Penetrasi Kendaraan Listrik di Indonesia

Dassault Systèmes mengumumkan bahwa Electrum, startup kendaraan listrik, memilih platform 3DExperience untuk mempercepat desain dan produksi seri pertama sepeda motor listrik Electrum. Electrum adalah pelanggan EV Dassault Systèmes pertama di Indonesia.

Adapun Dassault Systèmes fokus pada penyediaan keahlian teknologi dan industri bagi industri EV Indonesia. Platform 3DExperience bisa mendukung proses dari rekayasa sistem hingga rekayasa mekanis dan bentuk, sehingga mempercepat waktu pengembangan dan produksi. “Sebagai sebuah startup ramping, platform 3DExperience Dassault Systèmes di cloud memungkinkan kami untuk meningkatkan komunikasi, kolaborasi dan kontinuitas dari desain, hingga rekayasa dan proses manufaktur tanpa berinvestasi untuk sumber daya IT tambahan,” kata Patrick Adhiatmadja, Managing Director Electrum dalam keterangannya (27/10/2023).

Dia menambahkan solusi tersebut membuat Electrum siap meluncurkan dua juta sepeda motor listrik di jalan pada tahun 2025. Sementara itu, Josephine Ong, Managing Director AP South Dassault Systèmes menyampaikan pemain baru di bidang mobilitas harus memikirkan kembali cara melakukan pendekatan terhadap desain dan rekayasa untuk kendaraan listrik roda dua.

“Melalui platform 3DExperience kami dan desain kembaran dalam bentuk virtual (virtual twin), Electrum bisa mensimulasikan berbagai skenario di dunia virtual, seperti durabilitas dan kualitas baterai, sebelum implementasi di dunia nyata,” kata dia.

Electrum juga kini sedang mengembangkan R&D dan rekayasa. Patrick berharap bisa merampungkan fasilitas manufaktur berteknologi tingginya pada tahun 2024. Sekedar tahu, Indonesia menargetkan bisa mancapai emisi nol bersih tahun 2060, pengadopsian EV akan membantu negara dalam mewujudkan ambisinya. Indonesia sendiri kini menargetkan 2 juta sepeda motor listrik di jalan tahun 2025.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved