Marketing Trends

Festival Jajanan Bango Bangkitkan Pelestarian Kuliner Nusantara

Festival Jajanan Bango kembali digelar di Jakarta, tepatnya di Plaza Parkir Timur Senayan, 27 – 29 Oktober 2023. Bertajuk ‘Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara’ festival kuliner ini menghadirkan petualangan berbeda berupa pengalaman multisensori saat menikmati ragam hidangan yang disajikan oleh lebih dari 100 legenda kuliner dari berbagai wilayah Indonesia.

Amaryllis Esti Wijono atau akrab disapa Lilis, selaku Direktur Nutrisi PT Unilever Indonesia, Tbk. menerangkan, sejak 1928, Bango konsisten menjaga kualitas melalui penggunaan 4 bahan alami terbaik dan proses pembuatan yang otentik. Hingga kini menginjak 95 tahun, upaya ini terus dilakukan agar kecap manis yang berkualitas dapat terus lestari sebagai culinary gem kebanggaan Indonesia yang menyatukan kelezatan aneka kuliner Nusantara sejak dulu hingga nanti.

“Bango juga konsisten melestarikan kekayaan kuliner melalui berbagai platform, salah satunya Festival Jajanan Bango yang digagas sejak tahun 2005. Setelah awal Oktober lalu sukses memuaskan selera lebih dari 22.000 masyarakat Makassar dengan 45 hidangan otentik persembahan legenda kuliner lokal maupun nasional, kini Festival Jajanan Bango Jakarta 2023 menghadirkan lebih dari 100 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah; mencerminkan keunikan kota ini sebagai melting pot yang dijuluki ‘ibukota kuliner nusantara’,” lanjut Lilis.

Festival Jajanan Bango 2023 kembali didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dengan program Wonderful Indonesia, karena festival ini membuktikan bahwa pesona Indonesia tidak hanya terpancar dari keindahan alam ataupun keanekaragaman seni dan budayanya, namun juga dari kelezatan dan kearifan lokal yang terkandung dalam begitu banyak ragam kulinernya. Selain itu, Festival Jajanan Bango turut berkontribusi pada upaya Kemenparekraf RI untuk memajukan kuliner nusantara, khususnya yang menggunakan kecap manis sebagai culinary gem yang ikut membawa kuliner Indonesia mendunia melalui program Indonesia Spice Up the World.

Dalam sambutannya, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyampaikan, “Saya berharap Festival Jajanan Bango 2023 dapat mendorong semangat para pengusaha kuliner dan masyarakat Indonesia untuk terus mempertahankan warisan kuliner nusantara sehingga Indonesia dapat menjadi tujuan wisata gastronomi dunia. Bersama keluarga, teman, dan senyum penuh ceria, mari kita jelajahi dunia rasa asli Indonesia, dan mari kita makan minum dan bersukaria di Festival Jajanan Bango 2023.”

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI yang diwakilkan oleh Ir. R.S. Hanung Harimba Rachman, S.E., M.S. – Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam sambutannya berkomentar, Festival Jajanan Bango ini lebih dari sekedar acara, melainkan wadah penting bagi pelaku UKM untuk berinovasi, berkolaborasi, dan memanfaatkan kekayaan budaya Nusantara sebagai keunggulan kompetitif di kancah global. Ini sangat relevan mengingat dominasi industri kuliner dalam sektor UMKM di Indonesia.

“Saya percaya, melalui festival ini, potensi dan kontribusi UMKM, khususnya di industri kuliner, akan semakin dikenali dan diapresiasi, mendorong pertumbuhan di skala lokal hingga nasional. Kepada seluruh peserta yang hadir, saya mengajak agar terus berkarya dan berinovasi. Jadilah pionir dalam UMKM masa depan yang responsif, adaptif, dan terus maju,” ucapnya.

Digelar di momen Hari Sumpah Pemuda, Bango mempersembahkan sesuatu yang berbeda di Festival Jajanan Bango Jakarta 2023 agar festival ini menjadi pengalaman yang mengesankan dan impactful, khususnya bagi generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet pelestarian kuliner nusantara. Bertema ‘Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara’, pengunjung diajak untuk mencoba pengalaman multisensori di dalam sebuah galeri imersif yang menonjolkan berbagai pesona kuliner Indonesia. Dengan memanfaatkan kepekaan kelima indera, pengalaman ini diharapkan dapat membangkitkan sejuta rasa di hati dan pikiran generasi muda untuk mengapresi kuliner nusantara sebagai sebuah mahakarya yang patut dirayakan dan dilestarikan.

Setelah mencicipi kelezatan begitu banyak hidangan khas Indonesia di Festival Jajanan Bango, terutama yang berbasis kecap, diharapkan para pecinta kuliner di Jakarta dan sekitarnya – khususnya para ibu – juga akan lebih terdorong untuk menyajikan hidangan berbasis kecap di rumah, sehingga merekapun dapat ikut berperan melestarikan kekayaan kuliner Nusantara.

Harapan ini disambut baik oleh Sarwendah Tan, velebrity mom sekaligus sosok pecinta dan pelestari kuliner Indonesia. “Aku sekeluarga sangat suka berpetualang kuliner untuk mencari hidangan-hidangan khas dari berbagai penjuru Indonesia. Apalagi di acara kuliner seperti Festival Jajanan Bango, tidak cuma buat hunting makanan enak, kesempatan ini juga aku manfaatkan untuk memperkaya referensi masakan nusantara – baik untuk dihidangkan di rumah ataupun sebagai inspirasi buat usaha kulinerku,” jelasnya.

“Semoga rangkaian pelaksanaan Festival Jajanan Bango 2023 akan semakin membangkitkan semangat seluruh pecinta kuliner untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan masakan Indonesia demi kelestarian kuliner bangsa dari generasi ke generasi,” ungkap Lilis dalam keterangannya, Jumat (27/10/2023)

Sebagai acara puncak, Festival Jajanan Bango Jakarta 2023 ditutup dengan penampilan Rossa yang akan menyempurnakan petualangan kuliner para pengunjung dengan penampilannya yang atraktif dan lagu-lagu hits yang sudah sangat akrab di telinga.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved