Marketing Trends

Gracious Project Berdayakan Petani Lokal

Gracia Chandra, Perintis usaha Gracious Project. (dok Tokopedia)

Kehadiran Gracious Project berawal dari hobi sang pemilik, yaitu Gracia Chandra (31), yaitu meracik essential oils dan berbagai produk perawatan tubuh dengan bahan natural yang aman bagi keluarga. Akhirnya, Gracia mendirikan usaha skincare alami Gracious Project pada tahun 2020.

“Saat pandemi, banyak orang yang mencari produk perawatan tubuh dan skincare bagi keluarga. Kebetulan saya punya latar belakang sebagai formulator, yang bisa membuat formula untuk bahan kesehatan atau kecantikan. Akhirnya saya terdorong untuk membuat produk perawatan tubuh dengan bahan natural, salah satunya sabun natural,” ungkap Gracia.

Produk ciptaan Gracia yang semula digunakan untuk keluarga akhirnya berkembang dan makin banyak peminat. Tak hanya menjual produk perawatan tubuh dengan bahan alami, Gracious Project juga mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih natural, salah satunya dengan menjual buku seputar resep dan cara pembuatan produk perawatan tubuh alami, seperti soap bar dan essential oils.

“Produk kami menggunakan bahan alami dan kami peroleh dari petani lokal. Gracious Project bekerja sama dengan petani lokal penghasil minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) di Lombok Utara dan petani lokal minyak calendula di Malang. Ada juga perajin Bali dan Yogyakarta yang memproduksi alat pelengkap, seperti loofah (alat yang terbuat dari gambas untuk membersihkan kotoran pada kulit), serta kapas yang dapat dipakai ulang,” kata Gracia.

Dalam menangkap pasar yang lebih luas, Gracious Project berjualan ke e-commerce Tokopedia. “Berkat Tokopedia, produk Gracious Project bisa dijangkau oleh masyarakat, termasuk komunitas pecinta produk skincare alami, di seluruh Indonesia,” kata Gracia.

Sebagai generasi muda yang inovatif dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, Gracia memaknai Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, Sabtu (28/10/2023) dengan semangat kolaborasi. Bagi Gracia, apa pun yang dilakukan harus memberi dampak bagi lingkungan sekitar dan memiliki prinsip yang kuat dalam berbisnis.

“Bahkan dengan berkolaborasi kita dapat maju bersama. Kolaborasi untuk meningkatkan berbagai potensi, hingga menciptakan sesuatu yang inovatif dan dapat dibanggakan masyarakat Indonesia,” ucap Gracia.

Berkat kehadiran Gracious Project dan para pelaku usaha lokal, penjualan berbagai produk perawatan tubuh di Tokopedia naik. Berdasarkan data nasional, kategori produk perawatan tubuh di Tokopedia, body lotion, hair conditioner dan hair mask menjadi beberapa produk terlaris pada Semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 5 kali lipat.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved