Financial Report Capital Market & Investment

Segmen Bisnis Dongkrak Pertumbuhan Kredit Total Rp166,2 Triliun

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) mengumumkan realisasi kinerja keuangan Kuartal III tahun 2023. dengan Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) konsolidasi sebesar Rp2,6 triliun selama Januari—September 2023. Net Interest Margin (NIM) tumbuh sebesar 26 basis poin (bps) Year-on-Year (YoY), dengan pendapatan operasional naik 7% YoY menjadi Rp13,3 triliun.

Total kredit dan trade finance tumbuh 18% YoY atau mencapai Rp166,2 triliun, didukung oleh pertumbuhan kredit yang lebih kuat di semua segmen bisnis. Kontributor terbesar dari jumlah loan portfolio adalah kredit segmen Enterprise Banking & Financial Institution yang mencapai Rp75,6 triliun, tumbuh 14% YoY, disusul kredit yang berasal dari pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) Rp52,8 triliun atau naik 26% YoY. Pembiayaan baru Adira Finance meningkat 39% YoY. Kredit konsumer mencapai tingkat pertumbuhan tertinggi sebesar 31% YoY, mencapai Rp15,3 triliun, sedangkan Kredit UKM menunjukkan pertumbuhan 10% YoY.

Di tengah kondisi suku bunga yang tinggi, Danamon dapat mempertahankan pertumbuhan pendanaan granular sebesar 9% YoY. Bank swasta ini dapat menyeimbangkan pertumbuhan kredit yang tinggi dengan manajemen kualitas aset yang memadai. Hal ini tercermin dari rasio Loan at Risk (LAR) (termasuk restrukturisasi Covid-19 yang masih direlaksasi) berhasil turun menjadi 12,3%, membaik 190 bps YoY. Danamon juga meningkatkan cakupan Non-Performing Loan (NPL) mencapai 252,7% untuk mendukung pertumbuhan kreditnya.

Bank Danamon bertekda akan mempertahankan dan berusaha melampaui pencapaian ini ke depannya, termasuk semakin menjajaki dan mengoptimalkan kolaborasi dengan para pelaku bisnis dalam jaringan ekosistem MUFG.

“Kami juga berkomitmen terus berinvestasi dalam membangun fondasi guna menopang pertumbuhan jangka panjang termasuk di bidang IT, Digital, SDM, dan jaringan kantor cabang sehingga bank dapat mewujudkan semangat ‘Grow with Us’ bersama nasabah dan komunitas melalui layanan, ” ujar Daisuke Ejima, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia dalam keterangannya, Senin (30/10/2023).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved