Management Trends

PNM Raih Pinjaman Tambahan Rp650 Miliar dari Citibank

Citibank berikan fasilitaspinjaman tambahan ke PNM. (dok Citi)

Citibank Indonesia (Citi Indonesia) dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengumumkan penambahan pemberian fasilitas pembiayaan sosial bersama senilai Rp650 miliar (US$41,3 juta). Ini meningkat dari fasilitas pinjaman awal sebesar Rp150 miliar yang telah dicairkan Citi Indonesia kepada PNM pada bulan Maret 2023 lalu.

Pemberian fasilitas pinjaman ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap tujuan pendanaan sosial Citi, termasuk memperluas akses terhadap kebutuhan dasar bagi 15 juta rumah tangga berpenghasilan rendah di seluruh dunia, termasuk di antaranya 10 juta perempuan, pada tahun 2025. Misi Citi adalah untuk berkontribusi pada pertumbuhan dan kemajuan ekonomi di komunitas di mana Citi bekerja.

CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi mengaku bangga dapat memperkuat kerja sama dengan PNM melalui pemberian fasilitas pinjaman sosial ini. “Fasilitas ini akan berpengaruh pada lebih dari 200 ribu pengusaha mikro di Indonesia yang sebagian besar adalah perempuan dan mereka masing-masing berperan penting dalam keluarga,” katanya.

Data Bank Indonesia, perkembangan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia tidak terlepas dari dukungan sektor perbankan dalam penyaluran kredit kepada UMKM. Per Agustus 2023, pertumbuhan kredit UMKM mencapai 8,90% (yoy), terutama berasal dari segmen mikro.

PT PNM mendorong pemberdayaan ekonomi dan aksesibilitas keuangan bagi lebih dari 15 juta rumah tangga di seluruh Indonesia, dengan fokus utama pada pemberdayaan perempuan. Dengan portofolio pinjaman sebesar Rp41.4 triliun (US$2.6 Miliar), PNM berperan vital dalam memfasilitasi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas bagi bisnis mikro dan kecil di Indonesia.

“Kolaborasi Citi dengan PNM ini memberikan implikasi strategis yang beragam. Selain memperdalam hubungan antara Citi Indonesia dan PNM, juga memperkuat lanskap keuangan bagi UMKM di Indonesia,” kata Ninis Kesuma Adriani, Direktur Perencanaan Strategis dan Keuangan PNM.

Pada 2021, Citi mengumumkan komitmen global sebesar US$1 triliun untuk keuangan berkelanjutan pada tahun 2030. Sejak tahun 2020 hingga 2022 telah mendanai dan memfasilitasi keuangan berkelanjutan sebesar US$348,5 miliar secara global. Citi memfasilitasi berbagai transaksi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi berkelanjutan yang inklusif.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved