Automotive

Aizen Kembangkan Pembiayaan Hijau untuk Pasar EV Indonesia

Ilustrasi layanan EV-CreditConnect. (dok. Aizen)

Aizen, perusahaan rintisanasal Korea Selatan yang berfokus pada layanan finansial berbasis kecerdasan buatan (AI) meluncurkan EV-CreditConnect, layanan finansial AI yang dirancang khusus untuk pasar kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Inovasi ini ditujukan untuk mentransformasikan revolusi pembiayaan industri EV dengan menjembatani kesenjangan antara lembaga keuangan dan mobilitas operator serta memperluas penyediaan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan.

Menurut riset Electric Mobility Ecosystem Association (AEML) dan AC Ventures, pasar kendaraan listrik di Indonesia siap berkembang pesat dan mencapai nilai $20 miliar pada 2030. Menyadari potensi pertumbuhan masif ini, Aizen melansir layanan finansial AI untuk menyalurkan pinjaman di pasar EV Indonesia yang tengah berkembang.

Layanan CreditConnect-EV dari Aizen menggunakan algoritma asesmen risiko berdasarkan AI dan analisis big data. Platform ini mendukung perusahaan jasa keuangan mengambil keputusan, termasuk asesmen risiko, memantau jaminan, dan opsi finansial yang berdasarkan kebutuhan.

Damien Ngai, Country Manager Aizen Indonesia menyatakan, “Dengan melansir layanan finansial yang didukung AI dan mampu mempercepat pengambilan keputusan untuk menyalurkan pinjaman di pasar EV Indonesia, kami berkontribusi terhadap sektor keuangan yang lebih ramah lingkungan (greener finance).”

Saat ini, Aizen telah menjalin kolaborasi strategis dengan produsen sepeda listrik lokal di Indonesia, termasuk Swap dan NOA Bike, dalam pembiayaan sepeda listrik. Swap, salah satu mitra Aizen, memproduksi sepeda listrik dan mengelola stasiun pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia. Kendaraan Swap dilengkapi fitur smart connectivity agar pengguna kendaraan listrik dapat memantau status dan kinerja baterai secara langsung lewat aplikasi seluler. Selain itu, fitur smart connectivity mempermudah pengguna mengakses stasiun pengisian daya kendaraan listrik sekaligus menjamin pengalaman terbaik.

CreditConnect-EV, melengkapi layanan Swap, mengembangkan model asesmen risiko bagi pengendara dan stasiun pengisian daya sepeda listrik. Kolaborasi ini memastikan efisiensi dalam keterkaitan pinjaman (loan linkage) dan layanan manajemen portofolio komprehensif. Dengan demikian, Aizen mengungguli lembaga keuangan konvensional.

Aizen berkomitmen memperluas ekosistem EV di Indonesia dan meningkatkan model inovasi finansial. Dengan menyediakan layanan finansial penting bagi basis pelanggan yang beralih menggunakan mobil dan sepeda motor listrik, Aizen ingin memperlancar akses pembiayaan.

Peluncuran EV-CreditConnect oleh Aizen menjadi lompatan besar di pasar kendaraan listrik Indonesia. Dengan aliansi strategis, solusi finansial yang inovatif, serta komitmen terhadap masa depan yang lebih lestari, Aizen siap membuat dampak signifikan di industri yang tengah berkembang ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved