Youngster Inc. Entrepreneur

Kiprah Novendy Membangun Olsera untuk UMKM

Olsera merupakan sistem manajemen bisnis all-in-one yang bisa digunakan bagi usaha mikro, kecil dan menengah Indonesia yang mendukung setiap aspek operasi para pelaku usaha. Sejak didirikan tahun 2015, usaha ini bertujuan menjadi super app bagi UMKM Indonesia.

“Olsera berawal dari point of sales dan toko online yang terintegrasi dan telah berinovasi memperluas solusinya ke rantai pasokan dan pemasaran,” kata Novendy Chen, Pendiri kepeda SWA Online beberapa waktu lalu.’

Hal ini menjadikan ekosistem Olsera end-to-end dan memiliki solusi yang komprehensif dalam membantu mengoptimalkan pendapatan dan pertumbuhan UMKM untuk terus berkembang dan go digital. Hingga saat ini, Olsera telah menjangkau 500+ kota di Indonesia, melayani lebih dari 18.000+ merchant berbayar dan 11.000+ merek dari berbagai lini usaha. “Adapun mayoritas pelanggan Olsera berbasis di Jawa & Bali, diikuti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua,” ujarnya

Sedangkan lini usaha yang terlayani mencakup food & beverage, waralaba, mode & ritel, minimarket, laundry, toko elektronik, vape store dan pet store. Olsera diklaim sebagai satu-satunya solusi bisnis lokal yang menjawab kebutuhan sistem reservasi & penjadwalan bagi usaha-usaha hospitality seperti spa/pijat, klinik kecantikan, kesehatan, fitness/klub olahraga, salon/barbershop.

Tak mudah perjalanan Novendy sebelum mebangun Olsera. Ditandai dengan dedikasinya awal untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah (UKM) serta mendorong pertumbuhan bisnis. Sebagai salah satu Pendiri Batamciti.com dari tahun 2013 hingga Oktober 2015, ia memainkan peran penting dalam menghubungkan para wisatawan dengan beragam atraksi dan tujuan wisata yang ditawarkan oleh Batam, Indonesia. “Upaya saya ini menunjukkan kemampuannya untuk menjembatani kesenjangan antara wisatawan dan pelaku usaha lokal, yang berkontribusi pada industri pariwisata di wilayah tersebut,” ujar pria lulusan S1 di STIE Gici Business School tahun 2014 jurusan Business Management ini

Di karier sebelumnya, Novendy juga pernah bekerja di PT Batam Indonesia selama 6 tahun. Beroperasi di koridor Batam-Singapura, ia awalnya menjabat sebagai Asisten Manajer Stasiun pada 2009 dan meraih posisi Asisten Manajer Penjualan & Layanan Pelanggan tahun 2013 yang mengkoordinir 60+ karyawan di empat cabang outlet pelayanan. Pengalaman di perusahaan multinasional ini membentuk etos kerja dan jiwa pelayanan yang terus dibawa kepada karier berikutnya hingga hari ini.

Melalui sistem mananjemen bisnis all-in-one yang didukung dengan teknologi Olesera, perusahaan ini memanfaatkan pengeluaran UMKM, merampingkan dan memaksimalkan efesiensi untuk percepatan pertumbuhan UMKM Indonesia.

Olsera memiliki berbagai fitur utama seperti manajemen inventaris dan rantai pasokan yang digunakan untuk melacak inventoris yang ada, rantai pasokan memungkinkan merchant untuk memastikan bahwa invetoris tidak kososnng dengan memesan melalui POS Olsera. Juga, fitur sales & marketing yang menguntungkan karyawan kerena Olsera dapat digunakan sebagai agregator untuk agen pemasaran yang menyediakan layanan pemasaran pedagang.

Ketiga, manajemen karyawan. Olsera mempermudah pemilik bisnis memantau kinerja karyawan misalnya shift karyawan, penilaian kinerja karyawan dan masih banyak lagi. Keempat toko online, Olsera menyediakan kehadiran online seperti website dan aplikasi yang memungkin pelaku usaha menjangkau lebih luasas daerah pemasarannya. Kelima, multi-outlet monitoring dashboard memungkingkan pedangan dengan banyak bisnis untuk meninjau kinerja setiap toko. Terakhir, loyalty program berguna untuk menciptakan ikatan antara pedagang dan konsumen mereka. Program ini akan meningkatkan pelanggan tetap yang datang kembali toko.

Dalam mengedukasi UMKM untuk memakai sistem Olsera, perusahaan ini memiliki tim yang dedicated untuk memberikan panduan pemakaian produk, baik secara online ataupun offline (langsung). Umumnya tim akan membantu proses awal dengan intense, mulai dari perumusan kebutuhan dan budget yang sesuai, penyesuaian fitur sesuai model operasional dan output yang diharapkan, hingga persiapan-persiapan yang dibutuhkan sampai dengan siap pakai.

Visi Novendy dan tim, berjualan bukanlah fokus utama, namun tim belajar tulus memberikan manfaat bagi mitra-mitra UMKM. “Kami percaya dengan adanya solusi Olsera yang efektif, disertai ketulusan dan saling percaya yang terbangun, kami dapat terus berkembang bersama mitra-mitra UMKM, membantu mereka terbang lebih tinggi,’ terang Novendy.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved