CATAPA

5 Alasan Perusahaan Harus Beralih ke Solusi Penggajian Berbasis Cloud

Oleh Editor
5 Alasan Perusahaan Harus Beralih ke Solusi Penggajian Berbasis Cloud

Pengelolaan gaji karyawan merupakan salah satu aspek penting dalam perusahaan. Namun, proses penggajian yang kompleks dan rumit seringkali menjadi beban bagi tim HR yang bertanggung jawab atas tugas ini. Untungnya, dengan kemajuan teknologi, solusi penggajian berbasis cloud atau cloud based payroll telah menjadi jawaban untuk mengatasi tantangan ini.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh sistem berbasis cloud, termasuk untuk pengelolaan payroll, membuat peralihan ke sistem berbasis cloud menjadi perhatian bagi banyak perusahaan. Hal ini didukung oleh hasil riset Gartner, sebuah perusahaan riset dan konsultan teknologi, yang memperkirakan bahwa lebih dari 85% organisasi akan menggunakan prinsip cloud-first pada tahun 2025. Prinsip ini menyatakan bahwa organisasi akan memberi prioritas kepada solusi dan layanan berbasis cloud daripada menggunakan alternatif lain, seperti server on-premise.

Apa itu Software Payroll Berbasis Cloud?

Software payroll berbasis cloud adalah sebuah sistem penggajian yang menggunakan teknologi cloud computing. Cloud computing merupakan model pengkomputasian yang memungkinkan akses, penyimpanan, dan pengolahan data melalui internet. Dengan menggunakan software payroll berbasis cloud, data penggajian seperti informasi karyawan, informasi gaji, informasi pajak, dan lainnya disimpan dan dikelola secara online melalui server yang terhubung ke internet, bukan di server lokal perusahaan.

Dalam software payroll berbasis cloud, pengguna dapat mengakses dan menggunakan sistem tersebut melalui internet dengan perangkat apa pun yang terhubung ke jaringan.

5 Alasan Beralih ke Cloud Based Payroll Solution

Berdasarkan survey yang dilakukan Deloitte, organisasi akuntansi terbesar di dunia, menunjukkan bahwa bisnis berskala kecil dan menengah yang menggunakan cloud computing memperoleh keuntungan 21% lebih banyak dan tumbuh 26% lebih cepat. Pernyataan ini dapat menjadi pertimbangan awal bagi Anda yang masih menggunakan penggajian manual atau server on premise. Untuk lebih jelasnya, simak 5 alasan dibawah ini.

Fleksibilitas yang Tinggi

Salah satu keuntungan utama dari solusi cloud based payroll adalah fleksibilitas yang tinggi. Dengan menggunakan platform berbasis cloud, HR Perusahaan dapat mengakses data gaji karyawan dari mana saja dan kapan saja asalkan terhubung ke internet. Hal ini memungkinkan perusahaan mengelola proses penggajian secara efisien, dan terbebas dari batasan lokasi atau waktu.

Keamanan Data yang Lebih Tinggi

Keamanan data merupakan prioritas bagi perusahaan. Dengan menggunakan solusi cloud based payroll yang andal, data gaji karyawan akan disimpan pada sistem yang memiliki keamanan canggih. Selain itu, pada payroll berbasis cloud, data Anda akan di backup secara aman di cloud, sehingga dapat mengantisipasi hilangnya data akibat bencana alam, kerusakan infrastruktur, kehilangan dokumen, human error, dan sebagainya.

Agar Anda lebih yakin, pilihlah sistem payroll berbasis cloud yang sudah memiliki sertifikasi keamanan yang diakui. Dengan demikian, perusahaan bisa memperkuat keamanan data dan meningkatkan kepercayaan karyawan.

Penghematan Biaya

Dalam pengelolaan penggajian dengan software on premise, perusahaan akan dihadapkan dengan biaya yang tinggi. Sebelumnya, on premise adalah server yang dijalankan dan dikelola oleh tim internal perusahaan dan diletakkan di tempat perusahaan tersebut menggunakannya. Dalam penggunaan software on premise, perusahaan perlu mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan infrastruktur IT, pembaruan software, mempekerjakan tim IT, dan biaya-biaya lainnya.

Namun, dengan adopsi solusi berbasis cloud, perusahaan dapat mengurangi biaya-biaya tersebut karena server dan pemeliharaannya dikelola oleh penyedia layanan.

Efisiensi Operasional

Proses penggajian sering menjadi tantangan bagi tim HR karena melibatkan banyak komponen yang harus diperhatikan, seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PPh 21, dan tunjangan lainnya. Karena kompleksitas tersebut, proses penggajian memakan waktu yang cukup lama. Dengan adanya otomatisasi yang disediakan oleh software penggajian berbasis cloud, proses penggajian dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Meningkatkan Produktivitas

Dengan adanya otomatisasi dalam proses payroll, waktu yang diperlukan tim HR untuk proses payroll dari awal hingga pelaporan menjadi lebih singkat. Dengan begitu, tim HR tidak hanya terfokus pada pekerjaan yang bersifat administratif dan repetitif, tapi juga bisa fokus pada tugas-tugas lain yang lebih strategis.

Rekomendasi Software Payroll Berbasis Cloud

Secara keseluruhan, beralih ke cloud based payroll solution dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Dengan berbagai kemudahan dan manfaat yang ada, penggunaan software payroll berbasis cloud memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus pada pertumbuhan dan kesuksesan bisnisnya.

CATAPA merupakan software payroll berbasis cloud yang dapat menjadi pilihan untuk mengelola penggajian perusahaan, karena dapat menghitung gaji pokok, pajak penghasilan, BPJS kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, atau tunjangan lainnya secara otomatis. CATAPA menawarkan proses penggajian yang lebih mudah dan cepat dalam 1 menit untuk 300 karyawan dengan sekali klik. CATAPA juga sudah tersertifikasi ISO 27001, sebuah standar internasional dalam sistem keamanan informasi. Sudah waktunya perusahaan Anda beralih ke software payroll berbasis cloud seperti CATAPA untuk tingkatkan produktivitas dan efisiensi di perusahaan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved