Management Trends

Volta Raih Pendanaan dari Twin Tower Ventures dan Rigen Capital

Twin Towers Ventures (TTV) bersama Rigel Star Fund LP berpartisipasi dalam putaran investasi untuk Volta, melalui perusahaan induknya PT Energi Selalu Baru (ESB) yang merupakan anak perusahaan dari PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), Grup Mcash.

Rigel adalah manajer investasi dan pembangun ekosistem yang berfokus dalam memajukan pertumbuhan perusahaan teknologi regional, khususnya di Asia Tenggara dan India. Sementara TTV adalah lengan investasi dari Petronas Ventures yang berinvestasi pada perusahaan-perusahaan teknologi di bidang transisi energi dan mobilitas di wilayah Asia Pasifik (APAC), Australia dan Selandia Baru, serta Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA).

Abraham Theofilus, Direktur Utama NFC Indonesia mengatakan, investasi dari TTV dan Rigel Star akan memberikan pihaknya bahan bakar yang diperlukan bagi anak perusahaan, ESB, untuk memperluas infrastruktur, meningkatkan teknologi dan mempercepat penetrasi pasar.

“NFCX berusaha mencari solusi terbaik untuk pelanggan bersama para mitra. Perubahan yang akan datang sudah di depan mata, dan kami semua semangat untuk berada di garis depan transformasi ini,” katanya.

Didirikan dengan visi untuk memberikan dampak positif pada dunia mobilitas listrik, ESB terkenal dengan produsen sepeda motor listrik mereka, Volta dan stasiun penukaran baterai (SGB). Beberapa pencapaian Volta diantaranya adalah kemitraan dengan AstraZeneca, penyediaan layanan sewa dengan opsi kepemilikan sepeda motor mereka melalui anak perusahaan NFCX yang lainnya yaitu Semolis, dan lebih dari 3 juta transaksi pertukaran baterai total melalui stasiun SGB.

Motor listrik Volta juga telah mengakumulasi total perjalanan lebih dari 212 juta km, yang diklaim telah efektif mengurangi emisi karbon sebesar lebih dari 20.000 ton. “Komitmen ESB terhadap energi bersih dan transportasi berkelanjutan sejalan dengan target pemerintah Indonesia mengurangi jejak karbon dan meningkatkan kualitas hidup, serta memastikan aksesibilitas untuk semua konsumen,” lanjut Abraham.

Menurutnya, putaran investasi tahap awal yang difasilitasi oleh Rigel dan TTV, telah dilakukan untuk memperkuat misi ESB. TTV dan Rigel tidak hanya memberikan kekuatan finansial melalui injeksi modal mereka, tetapi juga keahlian yang luas dan jaringan yang sejalan dengan visi bersama untuk transportasi berkelanjutan.

“Kami sangat senang berkolaborasi dengan Rigel dan mendukung ESB dalam merevolusi industri sepeda motor listrik di Indonesia, salah satu pasar sepeda motor roda dua terbesar secara global. Kemitraan ini mencerminkan komitmen kami terhadap dunia dekarbonisasi dan keyakinan kami pada dampak signifikan yang dapat dihasilkan oleh ESB pada masa depan mobilitas,” tutur Fariz Ali, CEO dan Managing Partner TTV.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved