Entrepreneur

Skin Dewi Menjunjung Bahan Organik dan Praktik Bisnis Berkelanjutan

Dewi Kauw, Pemilik Brand Skin Dewi

Produk Skin Dewi sudah banyak dikenal masyarakat di industri skincare dan perawatan kulit. Produk ini dipasarkan pertama kali sejak tahun 2018. Dan perkembangan penjualan cukup signifikan, melampaui 300% hingga sekarang. Masyarakat menunjukkan animo tinggi atas ragam produk yang dihadirkan Skin Dewi.

Adalah Dewi Kauw, pemilik dan pendiri brand Skin Dewi. Ihwal bisnis produk kecantikan dan perawatan kulit ini justru terinspirasi dari pengalaman anaknya yang menderita sakit eksim (Atopic Dermatitis). “Pengalaman ini mendorong saya untuk mempelajari mengenai kulit dan upaya perawatan kulit terbaik.,” ujar Dewi mengawali kisah bisnisnya.

Dewi bercerita setelah lulus S1 jurusan Teknik Kimia dari University of Washington, Amerika Serikat, dia belajar secara khusus mengenai bahan-bahan organik di Formula Botanica, School of Natural Science, Inggris. Kemudian, dia mendalami pengetahuan mengenai perawatan kulit dengan bahan-bahan organik dan memberanikan diri untuk mendirikan brand perawatan kulitnya sendiri yang selanjutnya diberi nama sesuai nama dirinya, yakni Skin Dewi.

Brand Skin Dewi kemudian berkembang menjadi merek yang tidak hanya menyediakan produk skincare, tetapi juga mengedukasi ke masyarakat mengenai perawatan kulit yang tepat.

Kendati penjualan dilakukan setelah tiga tahun Skin Dewi berdiri, sejatinya cikal bakal merek ini telah ditelurkan pada 2015. “Tujuan pendirian Skin Dewi adalah untuk membantu mereka yang memiliki permasalahan kulit agar mendapatkan kulit yang sehat. Oleh karena itu, semua produk Skin Dewi diformulasikan dari bahan-bahan organic, alami serta berkualitas tinggi yang disediakan (supply) oleh produsen organic,” ucap Dewi mengklaim.

Pada awal berdirinya, Skin Dewi melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan cara sosialisasi, seperti mengadakan workshop kecantikan mengenai proses pembuatan skincare. Lama-lama kelamaan nama produk ini makin dikenal dan dirasakan manfaatnya oleh konsumen.

Produk-produk formulasi Skin Dewi kemudian disebarluaskan melalui kegiatan-kegiatan komunitas seperti itu. Pendekatan seperti ini dilakukan sesuai dengan misi untuk memastikan bahwa konsumen Skin Dewi memiliki pengetahuan yang cukup saat memilih produk perawatan kulitnya.

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang ketat, Skin Dewi tidak gentar. Dewi mengaku produknya memiliki unique selling point dibandingkan produk sejenis. Menurutnya, semua produk Skin Dewi diformulasikan sendiri oleh dirinya dengan bahan-bahan baku organik berkualitas pilihan, melalui pengembangan dan teknik formulasi performa tinggi untuk kebutuhan kulit semua jenis. “Karena diformulasi sendiri, proses produksi dapat memakan waktu 2 – 3 tahun, yang mana produk Skin Dewi diciptakan sebagai produk yang bebas dari petrokimia, minyak mineral, silikon, wewangian sintetis, dan paraben,” jelas Dewi menegaskan.

Proses produksi berstandar tinggi seperti ini tentu membutuhkan usaha dan biaya yang besar. Akan tetapi, Skin Dewi terus berupaya menyediakan produk dengan harga terbaik tanpa mengompromikan kualitas. Selain itu, menyediakan layanan konsultasi pribadi dan eksplorasi yang dibimbing langsung oleh tim Skin Dewi bagi para pelanggan, sehingga mereka memiliki pengetahuan mengenai kebutuhan kulitnya serta produk yang tepat. Hal ini juga bentuk komitmen perusahaan untuk tidak hanya menyediakan produk, tetapi juga pengalaman perawatan kulit terbaik bagi pelanggan.

Sebagai upaya memperkokoh prinsip good manufacturing pada produk Skin Dewi, sedari awal telah melengkapi pabrik Skin Dewi dengan teknologi canggih untuk memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas tertinggi. Pabrik Skin Dewi didesain dengan perhatian khusus terhadap nilai-nilai keberlanjutan dan ramah lingkungan, karenai ingin memastikan bahwa perusahaan tidak hanya menciptakan manfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi lingkungan secara berkelanjutan.

Dengan kendali penuh atas seluruh proses produksi, Skin Dewi dapat memastikan bahwa setiap produk yang keluar dari pabrik mempunyai kualitas tinggi dan memenuhi standar keselamatan yang ketat. Selain itu, hal ini juga memungkinkan untuk menjadi lebih inovatif dalam mengembangkan formula baru dan membawa produk-produk menarik kepada konsumen.

Terkait supply chain yang berkelanjutan, sejak awal berdiri, Skin Dewi telah berkomitmen tidak hanya menciptakan produk yang berkualitas tinggi, tetapi juga mempertimbangkan nilai-nilai keberlanjutan bagi lingkungan. Dari segi produksi, selalu memprioritaskan pemasok yang mematuhi praktik-praktik ramah lingkungan dalam supply chain mereka.

Bahan baku yang digunakan dalam semua produk bebas dari bahan-bahan kimia yang bersifat merusak dan menyakiti hewan saat animal testing atau cruelty free. Konsumen pun bisa mendapatkan packaging yang telah ramah lingkungan dengan penggunaan stiker kertas seminim mungkin. Hal ini dilakukan sebagai komitmen tidak hanya terhadap penyediaan produk berkualitas tinggi, tetapi juga terhadap umat manusia dan lingkungan.

Sebagai produk lokal yang berkomitmen terhadap keberlanjutan, Skin Dewi juga bermitra dengan pemasok bahan-bahan organik bersertifikat untuk mendukung penggunaan bahan-bahan alami. Pada akhirnya, perusahaan ini mampu menjaga kualitas bahan baku dengan standar yang tinggi.

Bagaimana dengan sistem distribusi produknya? “Kami memiliki berbagai program pengembangan pemasaran di jaringan ritel, seperti kemitraan dengan ritel online di e-commerce,” ungkap Dewi.

Kemitraan ini telah dimulai sejak tahun 2018 dan memungkinkan Skin Dewi untuk melakukan pendekatan ke lebih banyak target konsumen di area yang lebih luas. Produk-produknya pun dapat diakses di lebih banyak platform secara mudah. “Kami sedang dalam tahap eksplorasi untuk menjalin mitra baru dengan toko-toko ritel konvensional untuk offline presence,” dia menambahkan.

Agar konsumen selalu melakukan repeat order, Skin Dewi getol menciptakan customer experience yang andal. “Kami tidak hanya berkomitmen untuk menyediakan produk, tetapi juga pengalaman perawatan kulit terbaik bagi pelanggan,” tukas Dewi.

Untuk itu, Skin Dewi menyediakan layanan konsultasi pribadi dan eksplorasi produk yang dibimbing langsung oleh tim Skin Dewi yang ramah, serta informasi yang transparan tentang produk-produk yang di tawarkan. Melalui layanan ini, pelanggan mampu mengidentifikasi kebutuhan kulitnya serta memilih produk perawatan kulit yang tepat dengan pengetahuan yang telah diberikan.

Bahkan, melalui platform media sosial, Skin Dewi pun acapkali menawarkan program khusus bagi pelanggan setia sebagai bentuk ungkapan terima kasih atas dukungan mereka terhadap produk-produk tersebut. Semua ini dilakukan demi menciptakan customer experience terbaik dan mendorong konsumen untuk melakukan transaksi berulang.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved