Technology Trends

Astra Gandeng Google dan Amazon Perkuat Ekosistem Digital Grup

Penandatanganan kerja sama Astra dengan AWS. (dok Astra)

Astra menandatangani dua perjanjian kerja sama, yaitu dengan Google Cloud Platform melalui datalabs dan dengan Amazon Web Services. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengeksplorasi perkembangan teknologi baru dalam memperkuat ekosistem digital Astra melalui berbagai inisiatif digital yang diterapkan di Grup Astra.

Chief of Group Digital Strategy Astra Paul Soegianto mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem digital yang ada di Grup Astra. Sebelumnya Astra juga telah menjalin kerja sama dengan Microsoft Azure.

Dengan kolaborasi terbaru ini, Grup Astra akan mendapatkan akses terhadap teknologi terbaik yang ada di pasar, serta akses terhadap servis yang ada di Google Cloud Platform dan Amazon Web Services. Dengan demikian, Grup Astra dapat meningkatkan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan Astra. ujar Paul Soegianto dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (09/11/2023).

Country Manager, Enterprise and Public Sector Google Cloud Indonesia Anang Efendy berharap kerja sama ini dapat memperkuat kolaborasi antara Google Cloud dan Astra, dengan menghadirkan solusi Generative AI terkini, demokratisasi data dan analisa data yang didukung dengan sistem keamanan terpercaya dari Google Cloud. “Semata-mata untuk memperkuat transformasi digital dan menciptakan nilai tambah baru bagi pelanggan Astra,” ujarnya.

Kolaborasi ini mencakup penyediaan multi-cloud, eksplorasi artificial intelligence dan machine learning, demokratisasi data (sentralisasi data & keamanan data), optimasi penggunaan daya dan komputasi yang ramah lingkungan untuk inovasi keberlanjutan, serta pengembangan karyawan Astra dalam pelatihan teknologi Google Cloud Platform dan Amazon Web Services.

Melalui kolaborasi dengan Google Cloud Platform, Astra mendapatkan akses terhadap teknologi terbaru dari Google dan turut dapat memanfaatkan ekosistem Google lainnya seperti Google Ads, YouTube, Google Search, dan Maps untuk mendapatkan insight sesuai dengan kebutuhan Grup Astra. Komitmen Astra dalam memperkuat ekosistem digital sejalan dengan cita-cita Astra untuk mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved