Management Trends

Pemimpin Bisnis Generasi Z dari ASEAN dan Jepang Bahas Solusi Atasi Isu Sosial

ASEAN Foundation bersama Japan External Trade Organization (JETRO) dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI), telah memulai pertemuan pre-event summit selama dua hari di Jakarta diikuti oleh para pemimpin bisnis Generasi Z (Gen-Z) dari negara-negara ASEAN, Jepang, dan Timor Leste.

Pertemuan pre-event summit berlangsung pada 18 dan 19 Oktober 2023 di Digital Innovation and Sustainable Economy Centre di kantor the Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), Sental Senayan II lantai 6, Jalan Asia Afrika Senayan Jakarta, membahas isu-isu sosial masyarakat di masing-masing negara dan langkah-langkah solutif berbasis ekonomi yang bisa diambil.

Pertemuan pre-event summit ini diselenggarakan bersama-sama oleh AEM-METI Economic and Industrial Cooperation Committee (AMEICC) dan PoliPoli Inc. dengan dukungan ASEAN Foundation dan ERIA, dan merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan 50 tahun persahabatan dan kerjasama ASEAN-Jepang serta persiapan menuju KTT Generasi Z yang akan berlangsung di Karuizawa, Prefektur Nagano Jepang pada Desember 2023.

ASEAN-Japan Generation Z Business Leaders’ Summit Pre-event mengusung tema ‘Strengthening Multilateral Partnerships through Empowering Young Entrepreneurs to Achieve Economic Growth’ akan dihadiri oleh para pemimpin Generasi Z dari berbagai latar belakang dan bisnis sektor. Ketua Dewan Pembina ASEAN Foundation dan Wakil Tetap Kerajaan Kamboja untuk ASEAN Duta Besar Heng Sarith, menyampaikan pentingnya menempatkan anak muda di poros hubungan dan pembangunan ASEAN dan Jepang.

“Membangun hubungan yang lebih besar dan kuat di antara para pemangku kepentingan di kawasan ASEAN-Jepang sangat penting dan dan pihaknya percaya bahwa para pemimpin Gen-Z adalah bagian darinya. “Pertemuan pre-event summit ini juga dimanfaatkan untuk mengembangkan team building untuk persiapan partisipasi di KTT Generasi Z bulan Desember mendatang di Karuizawa untuk membuat dampak positif yang lebih besar,” ujarnya.

Menjelang KTT di Jepang, Direktur Eksekutif JETRO Mr. Hiroshi Ishikawa menyatakan, para pemimpin Generasi Z yang berkumpul ini adalah harapan masa depan ASEAN dan Jepang, yang dapat menjawab tantangan-tantangan sosial mengatasi tantangan sosial dengan teknologi inovatif, hubungan yang saling mempercayai, dan kepemimpinan yang hebat.

Program-program di pertemuan pre-event summit ini disiapkan untuk meningkatkan kapasitas pemimpin Gen-Z sebagai pendukung dan agen dalam meningkatkan kemitraan dan kolaborasi Jepang dan peran mereka sebagai pengusaha Gen-Z untuk mendukung pembangunan ekonomi antara ASEAN dan Jepang. Program tersebut antara lain kegiatan ceramah, diskusi kelompok, panel yang dipimpin pakar, kunjungan lapangan ke beberapa perusahaan, kegiatan tim, membangun jejaring, pertukaran budaya, dan berdiskusi terhadap proposal bersama berupa rekomendasi kebijakan atau pernyataan kepada para pemimpin yang akan disampaikan di KTT Generasi Z Karuizawa.

Komunitas ini berperan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi kerjasama multilateral yang telah dimulai sejak pertemuan berlangsung. Nilai tambah yang tidak kalah penting dari pertemuan puncak ini adalah jejaring tempat para peserta mengasah potensi kemitraan bisnis / ekonomi / intelektual. “Dengan keragaman latar belakang peserta, mulai dari pengalaman kuat di bisnis, kekuatan jaringan untuk menjembatani pengusaha muda dan perusahaan besar bahkan pemerintah, menjadi masukan strategis yang akan menyulutkan potensi kerjasama dan kolaborasi antara para pemimpin Gen Z sebagai tindak lanjut dari acara ini. Ini adalah semangat dari program ini,” tutur Heng.

Para pemimpin Gen-Z yang berpartisipasi, termasuk tetapi tidak terbatas pada pendiri perusahaan rintisan dan wirausahawan sosial yang telah mencapai pertumbuhan bisnis yang signifikan atau dampak yang berarti bagi masyarakat, pengusaha potensial dengan prestasi akademik atau profesional yang signifikan, pemimpin Gen-Z di perusahaan besar, dan pemimpin Gen-Z di sektor publik dan akademisi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved