Capital Market & Investment Economic Issues

Jokowi Perpanjang Kontrak Freeport 20 Tahun, Saham RI Naik

Daerah pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI)

Presiden Jokowi tengah memproses perpanjangan izin pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua selama 20 tahun. Perpanjangan kontrak ini dibahasa saat Presiden bertemu bos Freeport McMoran di Amerika Serikat Richard Adkerson, Selasa (14/11/2023).

Selain membahas perpanjangan izin, Jokowi juga menyambut baik mengenai penambahan saham Indonesia di PT Freeport Indonesia. Saat ini yang tengah dibahas adalah penambahan 10% saham Pemerintah Indonesia di Freeport.

“Saya menerima kedatangan Chairman Freeport McMoRan, Richard Adkerson di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat, Senin waktu setempat. Saya menyambut baik pembahasan mengenai penambahan 10% saham Freeport di Indonesia hingga perpanjangan izin tambang selama 20 tahun yang telah mencapai tahap akhir,” kata Jokowi dalam unggahan di Instagram miliknya.

Selain membahas kedua hal tersebut, Jokowi juga membahas hilirisasi yang sedang dilakukan Freeport. Presiden mengungkapkan bahwa Freeport saat ini tidak hanya menambang emas dan tembaga, tetapi juga sedang membangun smelter untuk mengolahnya di Indonesia.

“Saat ini Freeport tidak hanya melakukan penambangan emas dan tembaga saja, tapi telah membangun smelter untuk mengolahnya. Dan pihak Freeport pun menunjukkan komitmennya untuk membangun smelter di lokasi lain di Indonesia, tidak hanya di Surabaya, tapi di Kabupaten Fakfak, Papua Barat misalnya,” ucap Jokowi.

Kepemilikan saham mayoritas PTFI saat ini dipegang oleh pemerintah Indonesia sebesar 51,2% dan sisanya dimiliki oleh Freeport McMoRan. Adapun, saham milik pemerintah itu tertuang dari kepemilikan 26,24% PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID dan 25% PT Indonesia Papua Metal dan Mineral (IPMM).

Atas kepemilikan saham tersebut, PTFI saat ini menjadi perusahaan tambang mineral afiliasi dari Freeport-McMoRan (FCX) dan BUMN holding pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID). Dengan panambahana 10% saham, pemerintah RI akan memiliki 61,2% saham PT FI. Freeport sendiri menambang dan memproses bijih menghasilkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak.

Perusahaan memasarkan konsentrat ke seluruh penjuru dunia dan terutama ke smelter tembaga dalam negeri, PT Smelting. PTFI beroperasi di dataran tinggi terpencil di Pegunungan Sudirman, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Tambang di kawasan mineral Grasberg, Papua – Indonesia merupakan salah satu deposit tembaga dan emas terbesar di dunia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved