CSR Corner

Di Balik Misi Rumah Makan Gratis Milik Pengusaha Richard Theodore

Pengusaha muda sekaligus content creator Indonesia, Richard Theodore, kembali melakukan aksi sosial. Setelah viral dengan memborong BBM di sebuah SPBU di Bintaro, Jakarta Selatan dan jajanan di Pasar Lama, Tangerang, pria yang akrab disapa Bang Rich itu membuka Rumah Makan Gratis.

Rumah makan yang terletak di Jalan A. Damyati, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten tersebut menyediakan berbagai menu makanan gratis bagi siapapun, tanpa memandang pekerjaan maupun status sosial. Ada sekitar 300 sampai 500 porsi makanan yang disediakan di Rumah Makan Gratis setiap harinya. Sejumlah menu yang menggugah selera disajikan di rumah makan ini, mulai dari ayam goreng, rendang, tempe orek, tahu, telur balado, dan berbagai makanan serta minuman lainnya.

Rumah Makan Gratis tersebut secara resmi dibuka pada Kamis (16/11/2023) sore hari, Richard mengatakan, hadirnya Rumah Makan Gratis tersebut dilatarbelakangi oleh keinginannya untuk menyediakan tempat makan yang nyaman dan bisa dinikmati oleh setiap orang secara gratis. “Saya ingin membuat tempat makan yang bisa dinikmati semua kalangan tanpa terkecuali secara gratis,” cetus Richard.

Karena itulah, tidak ada syarat khusus untuk bisa menikmati beragam menu makanan di sini secara cuma-cuma, sehingga siapa saja boleh makan di Rumah Makan Gratis tersebut.

“Makanya tidak ada embel-embel rumah makan gratis untuk orang miskin atau tidak mampu. Jadi diharapkan semua kalangan siapapun itu bisa makan di rumah makan gratis ini,” katanya.

Pembukaan Rumah Makan Gratis ini sekaligus menjadi suatu terobosan yang dilakukan oleh Richard di hari ulang tahunnya yang ke-29 tahun pada 16 November 2023.

Adapun tujuannya mendirikan Rumah Makan Gratis karena dia ingin agar semua orang bisa menikmati makanan yang layak. Apalagi, Richard juga merasakan satu kebahagiaan tersendiri ketika melihat orang lain merasa senang saat dirinya tengah berbagi dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Menyedikan makanan gratis sebanyak 300 hingga 500 porsi per hari, Richard hs dengan pengikut TikTok 7,6 juta itu mengaku mengeluarkan dana hingga ratusan juta per bulan dari kocek pribadi. “Menu yang disediakan akan bervariatif supaya tidak jenuh dengan menunya, paling tidak akan ada nasi, ayam, sayur, sambel, tahu dan sebagainya. Kuotanya kurang lebih 300- 500 porsi sehari di awal ini,” ucapnya.

Untuk tahap awal, Rumah Makan Gratis ini tak menutup kemungkinan untuk membuka rumah makan serupa di Jabodetabek hingga disejumlah kota di Indonesia.

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah yang hadir dalam pembukaan Rumah Makan Gratis tersebut menyambut baik aksi sosial yang dilakukan Richard Theodore. Menurutnya, kebaikan yang dilakukan Richard membawa dampak positif bagi sesama.

“Rumah Makan Gratis ini merupakan terobosan bagus bagi masyarakat Tangerang. Dengan adanya rumah makan ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang terbantu, dan tidak ada lagi orang yang kelaparan. Saya berharap kegiatan postif yang dilakukan Richard bisa ditiru oleh anak-anak muda sekarang dalam membantu sesama,” sambungnya.

Richard merupakan salah satu pengusaha muda yang sukses mengembangkan sejumlah bisnis kuliner. Dia merupakan CEO Sambal Bakar Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada 2022 lalu.

Hanya dalam kurun waktu satu tahun, Sambal Bakar Indonesia sudah memiliki 19 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Selain Sambal Bakar Indonesia, Richard juga memiliki bisnis Summer Minibar.

Tak hanya sukses sebagai pengusaha, pria lulusan Binus University, Alam Sutera, Tangerang tersebut juga dikenal sebagai salah satu kreator konten yang kerap melakukan aksi sosial berbagi kepada sesama.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved