Technology Trends

Dua Fitur Baru Tokopedia Garap Pasar E-Commerce yang Tinggi

Fitur baru buy more save more di Tokopedia. (dok Tokopedia)

Masyarakat terus mengandalkan belanja online untuk mendapatkan berbagai produk kebutuhan. Pada tahun 2022, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia meningkat 12,79%, yaitu mencapai 178,94 juta, jika dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 158,65 juta. Pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksi akan terus meningkat hingga mencapai 196,47 juta pada akhir tahun 2023.

Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia Helena mengatakan, tingginya animo belanja online masyarakat di Indonesia juga tercermin di data internalnya. Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi di berbagai kategori produk selama kuartal III 2023, antara lain fesyen, otomotif, elektronik, rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari atau groceries.

Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia meluncurkan dua fitur baru, yaitu ‘multiple product search’ atau ‘cari sekaligus’, dan ‘buy more save more’ atau ‘beli banyak lebih hemat’ pada Selasa (21/11/2023). Kedua fitur ini diklaim untuk memudahkan pengguna agar efektif dalam mencari barang yang diinginkan.

Product Manager Senior Lead Tokopedia Hefrian Syah menjelaskan, fitur baru ‘multiple product search’ atau ‘cari sekaligus’ memungkinkan masyarakat belanja online lebih hemat dari sisi waktu maupun ongkir. Lewat fitur ini, masyarakat bisa mencari lebih dari satu produk secara bersamaan, dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual semua produk tersebut secara sekaligus.

“Alhasil, proses belanja online menjadi hemat waktu karena tidak perlu mencari secara manual satu per satu. Fitur ini juga hemat ongkir karena hanya dikenakan dari satu toko saja; bahkan bisa gratis atau bebas ongkir,” kata Hefrian. Ini merupakan fitur pertama di industri e-commerce secara global.

Hefrian menjelaskan, fitur ini dibuat saat tim product menemukan bahwa ada kebutuhan dari pembeli untuk menemukan satu toko yang menjual berbagai produk yang mereka butuhkan dalam satu waktu sekaligus. “Setelah melakukan riset dan memvalidasi kebutuhan ini, kami bersama tim desainer dan engineer Tokopedia mulai mengembangkan fitur yang relevan,” ujarnya.

Sementara fitur baru ‘buy more save more’ atau ‘beli banyak lebih hemat’ memungkinkan masyarakat belanja online lebih terjangkau (affordable). Masyarakat bisa membeli lebih banyak produk untuk mendapatkan diskon yang lebih besar atau keuntungan lain sesuai dengan ketentuan toko penjual.

“Contohnya, beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 20%, dan seterusnya. Fitur yang bisa membuat belanja online lebih terjangkau (affordable) ini berlaku di toko penjual dengan status Power Merchant PRO dan Official Store, sesuai syarat dan ketentuan,” ujar AVP Product Campaign and Promotions Tokopedia Helena.

Helena mengungkapkan, dalam proses pembuatannya, tim Produk dan R&D Tokopedia menemukan ada kebutuhan dari penjual untuk memberikan manfaat tambahan di setiap transaksi serta mendorong calon pembeli untuk membeli lebih banyak produk. Bersama tim engineering, produk dan R&D membangun fitur yang relevan, yang juga bisa memperkaya benefit bagi pembeli.

Leona Agustine, seorang content creator sekaligus pengguna Tokopedia berstatus ‘diamond’ merasa lebih mudah mencari berbagai produk yang dibutuhkan tanpa harus mencari di toko yang berbeda. “Saya juga bisa menghemat waktu yang biasa dihabiskan untuk mencari produk dan juga bisa lebih hemat dari segi ongkir karena berbagai kebutuhan yang dicari bisa dibeli dari satu toko saja,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved