Automotive

Ban Ramah Lingkungan, Bridgestone Sodorkan Lini Terbaru Seri Ecopia

Foto : Bridgestone Indonesia.

PT Bridgestone Tire Indonesia (BridgestoneIndonesia) memperkenalkan line up terbaru dari seri ban Ecopia, yaitu EcopiaEP300ENLITEN. Ban Ecopia yang dikenal sebagai seri ban ramah lingkungandari Bridgestone serta mengusung inovasi terbaru melalui penerapan teknologi Eliten, Ecopia EP300.

President Director Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno mengatakan isu terkait lingkungan semakin menguat, dan Bridgestonesebagai salah satu produsen ban global sebenarnya telah lama berkomitmen untuk isu ini. “Isu terkait lingkungan menjadi concern terbesar kami dan sudahmenjadi bagian dari Bridgestone E8 Commitment, yang mencakup poin terkait Energy, Ecology, dan Efficiency. Kehadiran Ecopia EP300ENLITEN, di luar sisi bisnisnya, menunjukkan komitmen kuat kami pada aspek lingkungan,” ujar Mukiat di Kawarang, Jawa Barat, baru-baru ini.

Tersemat tekonologi terbaru Bridgestone, Ecopia EP300 Enliten menyodorkan berbagai keunggulan. Pertama, sebagai ban ramah lingkungan, EcopiaEP300 Enliten memiliki rolling resistance coefficient (RRC) atau hambatan gulir yangrendah lebih rendah 4% dibandingkan ban tanpa teknologi Enliten.

Hal ini tentu akan berdampak cukup signifikan pada rendahnya produksi CO2 karena ada penekanan konsumsi bahan bakar. Selanjutnya dari sisi performance, Bridgestone menerapkan desain teknologi terbaru pada Ecopia EP300 Enliten untuk terus menjaga komitmennya menyediakan produk-produk dengan superior-quality, antara lainelakukan optimalisasi Crown Shape (pola atau bentuk kembang ban).

Penerapan desain ini berhasil memberikan tekanan kontak lebih merata ban pada permukaan aspal dan berkontribusi pada RRC yang lebih baik. Selainitu penerapan optimalisasi ini juga berpengaruh pada performa yang lebih baik di lintasan basah, baik untuk handling maupun pengereman.

Selain melalui optimalisasi Crown Shape, performa ban juga didukungolehpenggunaan compound baru, yang juga memberi dampak positif langsung pada kontribusi berkurangnya RRC serta performa yang lebih baik di lintasan basah.

Selanjutnya performa Ecopia EP300 ENLITEN juga ditunjang oleh desain tepi blok yang membulat mencegah deformasi untuk menjaga bentuk kontak, yangakan membantu saat proses pengereman. “Penerapan desain tapak baru untuk mengontrol deformasi ban denganlebihbaik, mampu memberikan daya tahan yang lama pada kinerja ban. Seperti pada saat penanganan dan pengereman di lintasan basah,” jelas Marketing Director Bridgestone Indonesia, Masaki Abe.

Teknologi yang disematkan pada Ecopia EP300 Enliten diklaim mampu meningkatkan daya cengkeraman ban untuk memiliki jarak pengereman yang lebih pendek, bahkan di permukaan jalan yang lembab hingga basah. Performa ban ini didukung teknologi Round Rib Edge yang mampu mempertahankan kekakuan terhadap gaya lateral untuk memastikanbentuk kontak yang lebih baik dan distribusi tekanan kontak.

Hal ini akan memberikan pengalaman penanganan yang lebih baik saat di lintasan basah pada pengemudi. Selain unggul dari sisi performa, sesuai dengan komitmen Bridgestone dalam menghadirkan produk-produk dengan superior-quality, ditunjang penggunaan teknologi canggih Bridgestone, ban seri Ecopia terbaru ini memiliki masapenggunaan yang lebih lama. Varian ban ini terdiri dari tiga ukuran rim, yaitu 15, 16, dan 17 inci.

Ecopia EP300 Enliten akan mengisi segmen kendaraan MPV dan small SUV. “Saat ini, Ecopia EP300 Enliten sudah tersedia di diler-diler resmi kami, seperti di Tomo (TokoModel) Bridgestone,” tutur Abe.

Adapun, Bridgestone Indonesia berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2021 padakategori ‘ban mobil’ berdasarkan survei tahunan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA berkolaborasi dengan MARS Research Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved