Technology Trends

VibiCloud dan Mitra Memperkuat Keamanan Siber di Indonesia

Ancaman siber dan serangan ransomware baru-baru ini menjadi ancaman di dunia bisnis Indonesia. Sebagai respons proaktif terhadap meningkatnya risiko digital, ViBiCloud, Managed Service Provider di Indonesia, Cyfirma dan Nextgen Indonesia berkolaborasi untuk memperkuat keamanan siber di Indonesia. Melalui kerja sama ini mereka berupaya menciptakan ekosistem pertahanan siber yang tangguh, sebagai langkah krusial menuju kesuksesan dalam menghadapi ancaman siber yang selalu berkembang.

Seperti kita ketahui, Badan Siber Nasional dan Sandi Negara (BSSN) melaporkan bahwa sebanyak 1,6 miliar serangan siber tercatat di Indonesia pada tahun 2021. Data terbaru menunjukkan tren peningkatan yang mengkhawatirkan dalam ancaman siber yang menargetkan bisnis di Indonesia. Pelaku ancaman dan peretas secara aktif mengeksploitasi kerentanannya dan menempatkan perusahaan dalam risiko. Serangan ransomware, khususnya, telah mengalami peningkatan signifikan dalam frekuensi dan kompleksitas, menyumbang 50% dari semua serangan.

Dengan kemitraan strategis ini, ini, bisnis di Indonesia akan merasakan manfaat dari solusi keamanan siber yang terintegrasi sepenuhnya, didukung oleh teknologi AI (Artificial intelligence) terkini, dan dikelola oleh tim ahli keamanan siber. ViBiCloud tidak hanya menawarkan layanan keamanan siber terkelola yang komprehensif, melainkan juga memberikan jaminan pemantauan ancaman 24/7 (Dua puluh empat jam sehari, tujuh hari seminggu), respon insiden yang cepat, penilaian kerentanan, dan berbagai layanan lainnya. Semua ini dirancang untuk melindungi bisnis dari risiko ancaman siber, termasuk serangan ransomware.

Perpaduan antara platform pemantauan risiko digital terkini dari Cyfirma yaitu DeTCT, dan layanan yang dikelola oleh ViBiCloud akan membangun benteng tangguh untuk melawan serbuan penyerang siber. Bukan hanya memberikan pandangan mendalam ke dalam kerentanan keamanan perusahaan, sebagaimana dilihat melalui lensa seorang peretas, namun juga memungkinkan bisnis untuk secara aktif mengenali, mengevaluasi, dan menanggapi potensi risiko digital. Semua langkah ini diarahkan untuk menjaga keamanan aset berharga dan data sensitif dengan tindakan yang tepat dan efisien.

Selain menawarkan keamanan siber yang komprehensif, kerja sama ini juga memperkenalkan ViBiCloud X-TIS (External Threat Intelligence Service)— inovasi yang memberikan panduan ahli kepada setiap bisnis di Indonesia yang menginginkan pemeriksaan kesehatan keamanan siber perusahaannya. Inisiatif ini tak hanya berfokus memperkuat fondasi keamanan siber bagi perusahaan tanpa memandang skala atau industri, melainkan juga menghadirkan sebuah langkah proaktif untuk memastikan keamanan siber yang kokoh dan tangguh di seluruh sektor bisnis.

Alfonsus Bram, CEO ViBiCloud, menambahkan, dedikasi ini berakar kuat pada rasa tanggung jawab yang memotivasi untuk terus membantu bisnis di Indonesia dalam mengamankan diri dari serangan siber.

“Saya yakin bahwa kerja sama antara ViBiCloud, Cyfirma dan Nextgen Indonesia adalah salah satu strategi terbaik untuk memberikan layanan berkualitas bagi klien. Kami menyediakan solusi keamanan siber end-to-end, menawarkan perlindungan, dan ketenangan di dunia digital yang semakin penuh ancaman. Kami harap klien-klien kami dapat berfokus untuk mengembangkan bisnis mereka dan biarkan kami menjaga bisnis Anda dengan layanan yang sederhana, namun aman dan solusi yang dapat diandalkan,” ujar Alfonsus di Jakarta (22/11/2023).

Kumar Ritesh, Pendiri dan CEO Cyfirma mengungkapkan, “Misi kami adalah melindungi bisnis dari ancaman siber yang terus berkembang dan platform DeTCT dari Cyfirma memberikan wawasan yang berharga tentang potensial serangan, kerentanan, pelanggaran data, dan aset yang berisiko dieksploitasi oleh kelompok peretas. Ini merupakan teknologi yang handal bagi tim keamanan siber perusahaan untuk meningkatkan visibilitas dan mengurangi risiko. DeTCT adalah teknologi AI yang dirancang untuk membantu tim keamanan siber untuk memitigasi risiko digital yang meningkat, sehingga mereka dapat fokus membangun bisnis untuk terus berkembang. “

Melalui kerja sama dengan ViBiCloud mendukung Cyfirma untuk memperluas jangkauan layanan dalam mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk selalu selangkah lebih maju dari para pelaku kejahatan siber guna memastikan keberlanjutan pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan.

Sanny Hadinata, Managing Director Nextgen Indonesia menjelaskan pentingnya kesinambungan dalam cybersecurity. “Peran kami sebagai distributor resmi dalam hal ini adalah untuk memastikan bahwa enterprise di Indonesia memiliki akses terhadap keamanan siber yang tepat yang menjadi sebuah dukungan untuk membangun channel ecosystem yang stabil,” tuturnya.

Cyfirma adalah produk yang peluang besar dalam IT-Security, khususnya di Indonesia. Masih banyak lagi peluang yang akan datang dengan tim Nextgen yang berpengalaman di bidang cybersecurity yang siap untuk terus mengembangkan peluang.

PT Awan Integrasi Sandidata (ViBiCloud) adalah Managed Service Provider di Indonesia yang bukan sekadar penyedia layanan, melainkan mitra dalam perjalanan transformasi bisnis perusahaan. Dengan inovasi terkini dalam infrastruktur teknologi dan implementasi teknologi, ViBiCloud terus-menerus meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved