Marketing Trends

Kiat Efishery Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat

Kelas memasak ikan eFishery dengan chef profesional. (dok eFishery)

Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2023 yang jatuh pada 21 November 2023 kemarin dimanfaatkan startup akuakultur Efishery untuk mengajak masyarakat meningkatkan konsumsi ikan. Sebagai bahan pangan dengan harga yang relatif terjangkau dan mudah didapat, ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3, 6, dan 9 sehingga sangat relevan untuk menjadi salah satu sumber asupan gizi guna mendukung program ketahanan pangan.

Harkannas 2023 mengusung tema ‘Ikan untuk generasi emas’, kata kunci generasi emas adalah era Indonesia yang memiliki sumber daya manusia berdaya saing tinggi dan berkualitas. Sesuai dengan visi dan misi eFishery untuk berkomitmen menyediakan kebutuhan pangan dunia melalui akuakultur, perusahaan mengambil bagian dalam kampanye Harkannas 2023 dengan berbagai upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan melalui edukasi dan kolaborasi.

“Efishery mendukung terlaksananya Harkannas 2023 melalui perikanan budidaya berkelanjutan untuk ketahanan pangan Indonesia. Serangkaian kegiatan ini juga merupakan upaya sinergi antara pemerintah dan swasta dalam meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan. Kami optimis dapat memperluas penyebaran informasi tentang manfaat ikan untuk ketahanan pangan, pencegahan stunting dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Luciana Dita Chandra Murni, Head of Regulatory and Government Affairs Efishery, Rabu (22/11/2023).

Salah satu inisiatif yang dilakukan oleh eFishery untuk mendukung peningkatan tingkat konsumsi ikan adalah menyelenggarakan kelas memasak ikan, dengan tujuan meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya konsumsi ikan dan mengajarkan teknik-teknik memasak ikan yang menggugah selera. Kelas memasak dipimpin oleh Chef Eddy Siswanto, seorang chef profesional. Ikan yang dimasak adalah ikan dari pembudidaya eFishery yang dibudidaya secara berkelanjutan dan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Innes Rahmaniar, Pembina Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Ahli Utama Kementerian Kelautan dan Perikanan mengapresiasi inisiatif Efishery dalam memeriahkan Harkannas 2023 dengan serangkaian inisiatif, mulai dari membagikan ikan hingga kelas memasak. Kurangnya edukasi kepada masyarakat bahwa ada sumber gizi yang baik dan terjangkau yaitu ikan, membuat tingkat konsumsi ikan masih tergolong rendah yaitu hanya sekitar 56 kg per kapita.

“Angka ini masih di bawah target Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menaikkan target konsumsi ikan nasional menjadi 61,02 kg per kapita. Selain itu, komitmen Efishery dalam mengelola sumber daya ikan secara berkelanjutan akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjamin ketersediaan ikan yang berkualitas di masa mendatang dalam mewujudkan Generasi Emas Indonesia,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved