Youngster Inc. StartUp

Lewat ITeC, Posisi PriceArea.com Diperkuat

Oleh Admin
Lewat ITeC, Posisi PriceArea.com Diperkuat

Kebanyakan orang ternyata terlebih dahulu mencari tahu mengenai produk yang ingin dibelinya melalui mesin pencari. Melalui situs tertentu, mereka membuat perbandingan. Fenomena ini lantas ditangkap oleh ARTIC Advertising yakni sekelompok desainer berbakat, developer web, dan tim komunikasi yang telah berlalu-lalang di dunia internet selama lebih dari 7 tahun.

Mereka mendirikan situs PriceArea.com. Situs mulai dikembangkan sejak akhir 2009 di bawah perusahaan PT Pricearea Andalan Prestasi. Pada Mei 2010, situs pun dikenalkan ke masyarakat. Situs ini didaulat sebagai situs pencari harga dan barang yang pertama di Indonesia.

Belum lama berdiri, tahun ini, PriceArea.com berani mengadakan sebuah ajang di dunia perdagangan elektronik (e-commerce). Ajang itu disebut ITeC (Indonesia Top eCommerce). Pada Rabu (31/10/2012) malam, ITeC pun mengadakan acara puncak yakni pemilihan situs-situs e-commerce terbaik. Andry Suhaili, pendiri dan CEO PriceArea.com, kepada SWA Online, di Jakarta, menyebutkan, “Ini yang pertama.”

Acara ini adalah semacam ajang networking antar e-commerce di Indonesia. Andry mengklaim acara ini adalah yang pertama di Indonesia. Ide awal diadakannya ITeC yakni untuk mengaktifkan posisi PriceArea.com sebagai situs pencari harga dan barang. Acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan merek-merek merchant yang sudah terdaftar di situs ini. Sekarang ini ada sekitar 220.000 merchant yang terdaftar.

Andry menyebutkan, ada sekitar 80.000 merchant lokal aktif yang ikut dalam seleksi awal. Puluhan ribu merchant itu ada yang sudah terdaftar di PriceArea.com, ada pula yang belum, seperti merchant payment. Pemilihan merchant terbaik melewati tiga fase. Fase pertama, dia mengatakan, “Kami expose ke user-user, sosial media, dan media, bahwa kita akan mengadakan kontes.”

Para user diminta untuk menominasikan situs e-commerce pilihannya. Fase selanjutnya adalah penyaringan berdasarkan 6 kategori yang telah disiapkan dan pemilihan suara oleh user. Intinya, user benar-benar dilibatkan dalam ITeC ini. Langkah ini sejalan dengan apa yang disebut Andry yakni memposisikan situs di mata publik. “Kami juga kasih hadiah ke user dengan total Rp 25 juta per periode. Ini untuk mendorong orang supaya aktif voting,” katanya menegaskan. “Sebetulnya ITeC ini strategi marketing kita untuk mengaktifkan banyak hal,” tegas Andry.

Tahun depan, ia menuturkan, PriceArea.com berencana menggelar acara serupa. Perusahaan pun menargetkan semakin banyak merchant yang bergabung dengan situs ini. Dia menyebutkan, jumlah merchant bakal menembus angka 300.000 pada tahun 2013. “Dan kita berharap ITeC ini ada di tahun 2013. Rencananya mudah-mudahan tahunan,” tandas dia. (Ester Meryana)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved