Management Trends

BINUS University Siapkan Generasi Unggul Melalui Pendidikan 5.0

Bincang Media Binus University Bekasi (Foto:Dok. Audrey/SWA)

Pendidikan telah menjadi pilar utama dalam membangun dan mengembangkan potensi individu serta masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi dan dinamika global, konsep pendidikan juga terus mengalami transformasi. Salah satu evolusi terkini dalam dunia pendidikan adalah munculnya Pendidikan 5.0, sebuah paradigma baru yang mencakup pergeseran besar dalam metode, tujuan, dan pendekatan pembelajaran.

Pendidikan 5.0 juga merespons perubahan ini dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif, personal, dan relevan. Contohnya kemajuan dalam Artificial Intelligence (AI), Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan teknologi lainnya untuk membuka peluang baru dalam memperkaya pengalaman belajar bagi mahasiswa. Pendidikan 5.0 mencakup teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan, Internet of Things, dan realitas virtual untuk mengubah paradigma pembelajaran.

Tujuannya adalah menciptakan pengalaman belajar yang sangat personal dan adaptif, dengan teknologi seperti kecerdasan buatan memungkinkan analisis data mahasiswa untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu. Tak kalah penting, realitas virtual dan augmented turut meramaikan Pendidikan 5.0 dengan menyuguhkan simulasi lingkungan belajar yang menarik dan konkret, seperti perjalanan lapangan virtual dan pelajaran augmented yang memadukan dunia digital dan fisik.

Pendidikan 5.0 bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga bagaimana teknologi ini dapat mendukung keterkaitan dengan dunia industri. Namun, untuk lebih mendetail, perlu dijelaskan bagaimana teknologi ini langsung mengintegrasikan siswa dengan pelatihan industri, misalnya, melalui simulasi lingkungan kerja atau magang virtual, serta bagaimana AR dapat memberikan bimbingan jarak jauh selama proses magang. Dengan demikian, Pendidikan 5.0 menjadi bukan hanya tentang persiapan siswa untuk masa depan, tetapi juga tentang menyatukan dunia pendidikan dan industri secara sinergis.

Pendidikan 5.0 mewakili pemanfaatan teknologi baru untuk memberikan pembelajaran yang lebih humanis, dengan fokus pada perkembangan sosial dan emosional mahasiswa, serta solusi yang memperbaiki kualitas hidup dalam masyarakat. Lebih dari sekadar kemajuan teknologi, pendidikan ini menekankan pentingnya menciptakan individu yang tidak hanya terampil secara teknis, tetapi juga memiliki keterampilan sosial dan emosional untuk berkontribusi secara positif pada masyarakat. Dengan menyelaraskan teknologi dengan nilai-nilai kemanusiaan, Pendidikan 5.0 membentuk lingkungan pembelajaran yang cerdas secara teknologi, sambil memperkuat hubungan sosial dan memberdayakan individu untuk berperan aktif dalam dinamika masyarakat.

Sebagai kampus yang fokus pada business, service and technology, BINUS University Bekasi berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam menerapkan Pendidikan 5.0. dengan telah mengadopsi sejumlah strategi dan teknologi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masa depan.

“BINUS University Bekasi menggunakan teknologi AR dan VR untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan interaktif. Melalui penggunaan headset VR atau aplikasi AR di perangkat mobile, mahasiswa dapat menjelajahi berbagai konsep secara visual, membuat pembelajaran lebih menarik dan nyata. Model kelas konvensional juga kami gantikan dengan kelas digital dan kelas yang interaktif.”, ujar Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M.Buss (Acc)., Ph.D., CA, CFE selaku Direktur BINUS Campus Bekasi dalam bincang media, Jumat (24/11/2023).

BINUS University Bekasi mengusung konsep Pendidikan 5.0 dengan pendekatan yang tidak hanya terfokus pada teknologi, melainkan melibatkan dan menggabungkan unsur industri. Terletak di Bekasi, yang dekat dengan pusat industri, BINUS University Bekasi memanfaatkan keberadaannya untuk menjadikan pendidikan lebih kontekstual dan relevan dengan kebutuhan industri.

Dalam mendukung visi ini, BINUS University Bekasi menjalin kerja sama dengan KT&G SangSang Univ. KT&G SangSang tidak hanya memperkuat hubungan antara pendidikan dan industri, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dengan memperkuat sektor pendidikan, memastikan bahwa mahasiswa memiliki akses ke pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dunia industri. Selain itu tidak hanya bekerjasama dengan KT&G Sangsang Univ. tapi juga, memiliki program Kemitraan dengan Innobiz Association of Korea yang didorong oleh Kemenkop UKM, yang menyediakan Smart Factory sebagai lab dan tempat praktik penggunaan teknologi modern di dunia manufaktur.

Selain itu, BINUS University Bekasi menempatkan fokus pada kesejahteraan mahasiswa dengan menciptakan suasana kampus yang asik dan nyaman, dengan menyediakan fasilitas pendukung, untuk mahasiswa dapat bersantai ditengah-tengah kesibukan perkuliahan, seperti relax corner dan fun corner. Konsep student wellbeing tidak hanya melibatkan lingkungan fisik, tetapi juga melibatkan dukungan advisory dan mentoring, serta program mindfulness untuk mendukung pembelajaran mahasiswa.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved