Strategy

Akuisisi Konsumer Selesai, UOB Tambah 5 Ribu Karyawan Eks Citibank

UOB resmi akuisisi bisnis konsumer Citibank Indonesia. (dok UOB)

UOB dan Citibank Indonesia resmi menyelesaikan transaksi akuisisi consumer banking pada 20 November 2023 lalu. Selain konsumen banking milik Citibank, UOB juga menggaet 5.000 karyawan Citibank ke dalam ekosistem miliknya.

Pengumuman ini menyusul selesainya proses integrasi di Malaysia dan Thailand pada bulan November 2022 dan di Vietnam pada bulan Maret 2023. Hal tersebut juga menandai keseluruhan akuisisi UOB atas bisnis perbankan konsumer Citigroup yang terdiri dari bisnis portofolio unsecured, dan secured, wealth management dan retail deposit di empat negara ASEAN.

Fatma Tri Hapsari , Vice President Strategic Communications and Brand UOB mengatakan, keseluruhan akuisisi ini menambah jumlah karyawan UOB sebanyak hampir 5.000 orang yang akan memperkuat tim bank. Sebelumnya beredar kabar dan banyak yang mempertanyakan nasib karyawan Citibank imbas dari akuisisi ini.

“Dengan ekspansi organik, jangkauan ritel UOB di empat negara akan semakin luas didukung dengan basis nasabah ritel UOB di ASEAN yang mencapai hampir delapan juta. Hal ini mempercepat target pertumbuhan Bank dalam lima tahun ke depan,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/11/2023).

Fatma melanjutkan, UOB Indonesia menyambut baik nasabah perbankan konsumer Citigroup di Indonesia. UOB Indonesia berharap dapat terus melibatkan nasabah melalui pendekatan omni-channel, memperdalam kemampuan digital untuk mengakuisisi nasabah dan memenuhi kebutuhan perbankan dan gaya hidup nasabah, serta memberikan interaksi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

“Seiring dengan meningkatnya tren kemakmuran masyarakat, UOB Indonesia juga akan meningkatkan produk dan solusinya. Kami didukung oleh jaringan UOB yang lebih besar dan perluasan ekosistem mitra untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi nasabah yang semakin berkembang,” ujarnya.

UOB Indonesia merupakan anak perusahaan dari United Overseas Bank Limited, sebuah bank di Asia dengan jaringan global yang terdiri dari lebih 500 kantor di 19 negara dan wilayah di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Utara. UOB Indonesia didirikan pada tahun 1956. Jaringan layanan UOB Indonesia terdiri atas 122 kantor cabang dan 124 ATM di 41 kota di 16 provinsi di seluruh Tanah Air.

UOB Indonesia memiliki basis nasabah ritel yang kuat melalui sejumlah produk tabungan, layanan hipotek serta kartu kredit. Layanan perbankan yang dihadirkan UOB Indonesia juga dapat diakses di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand melalui ratusan ATM UOB.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved