Trends

Raih Sertifikat BCMS, PGE Optimistis Sediakan Akses Energi Bersih

Panas Bumi sebagai Sumber Energi yang Dikembangkan Oleh PT Pertamina Geothermal Energy Tbk

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) memperoleh sertifikasi ISO 22301:2019 yang dikeluarkan oleh The British Standard Institution (BSI) diberikan untuk kategori Bisnis Continuity Management System (BCMS).

“Pengakuan dalam bentuk ISO 22301:2019 ini menjadi stimulus positif bagi kami dalam menjalankan operasional bisnis secara berkelanjutan ke depannya. Pengakuan ini menjadi semangat kami untuk menjalankan seluruh sistem manajemen operasional dengan baik guna menyediakan energi bersih yang andal dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Keuangan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk, Nelwin Aldriansyah.

Pengakuan ini menurut Nelwin membuat manajemen Perseroan semakin terpacu untuk lebih baik kedepannya dan membuktikan bahwa PGE sudah mengimplementasikan standar untuk mengantisipasi semua dampak yang dapat terjadi akibat insiden disruptif.

“Insiden itu bisa berupa kondisi di luar normal yang berpotensi besar untuk menghentikan proses bisnis kritikal organisasi. Dalam hal ini bisa membuat keberlangsungan usaha PGE dapat dijaga dan tetap beroperasi pada kondisi yang dapat diterima serta tuntutan para pemangku kepentingan dapat terpenuhi,” tutur Nelwin.

Sertifikasi ISO 22301:2019 berlaku efektif sejak 14 November 2023. Sementara serah terima sertifikat ini dilakukan pada Selasa (28/11) di Jakarta. Dalam pemberian sertifikasi ISO 22301:2019 ini proses evaluasinya dilakukan dengan menerapkan standar tinggi. Adapun indikator penilaiannya meliputi pemahaman bisnis, kepemimpinan, perencanaan kesinambungan bisnis, evaluasi kinerja yang terencana, serta peningkatan efektivitas business continuity management system perusahaan.

Selain PGE, beberapa perusahaan Grup Pertamina juga mendapatkan sertifikasi ISO 22301:2019, di antaranya PT Pertamina (Persero), PT Pertamina International Shipping, dan PT Pertamina Power Indonesia.

Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini mengungkapkan apresiasinya, “BCMS mendukung visi Pertamina menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia di tengah tantangan bisnis ke depan yang penuh dengan ketidakpastian.”

“Apa yang sudah diraih PGE saat ini menjadi pemberi semangat perseroan untuk terus bekerja lebih baik, terutama dalam mendorong tercapainya net zero emission 2060 di Indonesia,” Nelwin mengungkapkan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved