Trends

Dimotori Ekonomi Digital, Pertumbuhan Ekonomi RI 7% Adalah Keniscayaan

Di ajang Indonesia Digital Summit 2023 yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Hotel Four Seasons Jakarta, isu tentang potensi ekonomi Indonesia digital yang mencapai Rp4.500 triliun di tahun 2030 hangat dibicarakan oleh pembicara dan peserta.

Direktur Muda TPN Ganjar-Mahfud yakni Renard Widarto, menyinggung perlunya kedaulatan digital dalam ekosistem digitalisasi di Tanah Air kita. Untuk mewujudkan ekosistem digital yang unggul, Renard mengatakan, diperlukan empat pilar utama, yaitu sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, industrialisasi, dan kedaulatan digital.

Di bidang SDM, Renard memaparkan bagaimana negara perlu hadir di setiap kehidupan. Untuk itu, kubunya menyampaikan janji gratis PAUD hingga SMA serta satu keluarga miskin satu sarjana yang merupakan program di bidang pendidikan.

Dalam acara yang diisi oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi, serta juru bicara pemenangan semua calon presiden, Renard menggarisbawahi kewajiban penggunaan Rupiah di setiap investasi dan transaksi digital. Bahkan dana investasi dan transaksi harus menggunakan lalu lintas bank dalam negeri agar manfaat terhadap perekonomian, benar-benar dirasakan oleh Indonesia. Selain itu, diperlukan penegakan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan data pribadi sesuai aturan yang sudah ada, juga kemudahan regulasi bagi pelaku ekonomi digital lokal.

Menyebutnya sebagai industrialisasi digital, Renard memaparkan bagaimana misi kubunya menjadikan Indonesia sebagai produsen laptop dan ponsel lokal dari hulu ke hilir, bukan sekadar merakit. Pemerataan internet cepat, kurikulum digital sesuai perkembangan zaman, hingga pembangunan pusat data di dalam negeri, menjadi prasyarat yang akan disiapkan agar Indonesia benar-benar bisa memanfaatkan bonus demografi dan mengubahnya menjadi dividen demografi.

“Pertumbuhan ekonomi 7% adalah suatu keharusan yang akan kita capai dengan optimisme, dimotori oleh ekonomi digital. Ekonomi digital harus menciptakan kekuatan ekonomi baru, tidak hanya sekedar memindahkan ekonomi konvensional ke platform digital,” ucap Renard.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved